FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 09-2015

    2194

    Menkominfo: "Roadmap E-commerce" Sudah 98 Persen

    Kategori Sorotan Media | Viska

    JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan roadmap e-commerce Indonesia sudah hampir selesai. Saat ini, peta pengembangan industri online Tanah Air itu tinggal menunggu selesai proses sosialisasi dengan kementerian-kementerian terkait.

    "Roadmap e-commerce sudah 95 persen lebih atau malah 98 persen selesai. Tinggal finalisasi saja di rapat-rapat menteri. Kan ada sekitar delapan kementerian yang terlibat dengan proses pembuatan ini," terang Rudiantara saat ditemui usai diskusi Mencari Alternatif Solusi Terhadap Dampak Depresiasi Rupiah pada Industri Telekomunikasi, di Ruang Sebaguna Kemenkominfo, Senin (7/9/2015).

    Dia menambahkan soal roadmap tersebut antara lain berkutat pada bagaimana menghilangkan hal-hal yang menghalangi kebijakan untuk berinvestasi di dalam negeri. Kebijakan yang lahir dari roadmap tersebut juga dibagi per kategori, yaitu untuk startup, usaha kecil menengah dan perusahaan yang sudah establish.

    "Ada lebih dari 145 atau 146 aturan yang di-review dan akan diumumkan hasilnya bagaimana regulasi-regulasi di bidang investment karena kita butuh foreign direct investment," imbuh Chief RA, sapaan akrabnya.

    "Nah kebijakannya tidak bisa satu untuk semua. Misalnya jika nanti ada pelonggaran daftar negatif investasi, itu akan ditujukan ke siapa? Tentu ke perusahaan yang sudah establish. Kita harapkan itu tidak ke startup atau UKM karena mereka memang harus dilindungi," ujarnya.

    Roadmap ecommerce tersebut dibuat bekerja sama dengan sejumlah kementerian dan lembaga, antara lain Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Kementerian Perindustrian serta Kementerian Perdagangan.

    Kemenkominfo berlaku sebagai motor penggerak proses pembuatan roadmap tersebut sekaligus menghubungkan kementerian dan lembaga dengan para pelaku industri.

    Sebelumnya, Chief RA memperkirakan roadmap ini selesai dibahas pada Agustus yang lalu. Namun ternyata pembahasan tahap final dengan membawanya dalam rapat menteri-menteri terkait, baru bisa dimulai saat ini.

    "Sebelum bulan ini selesai, September kita akan selesaikan," janjinya.

    (Editor: Wicak Hidayat)

    Sumber: http://tekno.kompas.com/read/2015/09/08/08150017/Menkominfo.R

    Berita Terkait

    Menkominfo Harap Layanan Telemedisin Tembus ke Wilayah 3T di Indonesia

    Pemerintah terus berupaya mencari terobosan penanganan Covid-19 (virus Corona) yang efektif. Salah satunya melalui pengembangan solusi keseh Selengkapnya

    Langkah Kominfo percepat digitalisasi di era normal baru

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyiapkan langkah yang dapat ditempuh sektor Teknologi Informatika (TIK) untuk mempe Selengkapnya

    Kominfo: 110 Hoax Terkait Corona Sudah Dilaporkan ke Polisi

    Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mengatakan hoax terkait virus Corona (COVID-19) masih terus beredar. Setidaknya, ada 80 hoax Selengkapnya

    Menkominfo Sebut Ada 163 Hoax Seputar Virus Corona

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate menuturkan bahwa pihaknya telah menemukan informasi 163 hoax yang berkaitan Selengkapnya