FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 12-2015

    2803

    Presiden: Satelit Bergerak Bantu Komunikasi Daerah Terpencil

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Komnifo- Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa penggunaan satelit bergerak merupakan hal yang penting, karena digunakan untuk membantu komunikasi daerah-daerah terpencil, pulau-pulau terpencil kita yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

    “Dan juga membantu komunikasi maritim, membantu vessel monitoring system, membantu komunikasi pertahanan dan keamanan, membantu komunikasi dalam bencana untuk SAR misalnya,” kata Presiden Jokowi dalam Pengantar Rapat Terbatas mengenai Tindak Lanjut Penyelamatan Slot Orbit Satelit Geo 123 BT, Jumat 4 Desember 2015.

    Jadi, lanjut Presiden, memang kegunaan satelit bergerak ini sangat besar dan kita harapkan, bahkan kemarin telah diputuskan bahwa slotnya harus kita ambil. “Tetapi saya ingin lebih detil lagi masalah anggaran, masalah biaya, sehingga apa yang sudah kita putuskan ini segera bisa ditindaklanjuti lagi,” ucap Presiden.

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, di dunia ini hanya ada 8 (delapan) slot satelit, dan salah satunya adalah Indonesia. Namun, pada awal tahun ada kejadian fuel-nya bocor, kemudian satelitnya jadi keluar orbit. Orbit itu harus segera diisi, kalau tidak diisi akan diambil oleh operator lain dari negara lain.

    “Karena di dunia ini ada delapan dan ini sangat penting bagi kita, terutama bisa dimanfaatkan baik itu untuk bencana atau untuk eksplorasi di hutan, di laut, dan untuk monitor sistem aplikasinya bermacam-macam, maka diputuskan slot tersebut harus di secure dan tetap oleh Indonesia,” kata Rudiantara kepada wartawan di kantor Presiden, Jakarta, Kamis (3/12).

    Nantinya, kata Rudiantara, slot satelit itu bisa digunakan oleh pemerintah lintas sektoral apakah untuk Kementerian Kehutanan, Badan Keamanan Laut (Bakamla), BNPB dan lainnya.”Jadi kita punya satelit sendiri yang pada umumnya nantinya mayoritas untuk kegiatan pemerintah,” terangnya. 

    (Tim Komunikasi Presiden/Sukardi Rinakit/Setkab)



    Keterangan Foto: Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wapres Jusuf Kalla (kanan) dan Menko Perekonomian Darmin Nasution (kiri) memimpin rapat kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (3/12).  ANTARA FOTO

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Bantuan OJK untuk Lunasi Pinjol

    OJK membantah soal bantuan bagi masyarakat untuk melunasi jeratan pinjol. Selengkapnya

    Menjaga Netralitas ASEAN Lewat Konsolidasi Inter dan Antarpilar

    Indonesia memegang kembali keketuaan ASEAN pada 2023, setelah pada tahun sebelumnya dipegang oleh Kamboja. Selengkapnya

    Kominfo akan Gelar Anugerah Media Center Daerah 2023

    AMC akan melibatkan petugas pengelola media center terpilih sebagai penerima penghargaan. Selengkapnya

    Jadi Tuan Rumah F1 PowerBoat, Kominfo Siapkan Infrastruktur Komunikasi di Danau Toba

    Kominfo mendukung pelaksanaan F1 Powerboat Danau Toba 2023 dengan menyediakan infrastruktur dan sarana komunikasi, termasuk untuk jurnalis y Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA