FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 06-2016

    1976

    OJK: Bank Harus Lengkapi Bisnis Dengan Fintech

    Kategori Sorotan Media | Johan.Ferdiansyah

    "Bank kalau lelet, dia bisa ketinggalan. Jadi, bank harus segera mungkin melengkapi dirinya dengan fintech," ujar Muliaman dalam acara Warta Ekonomi Digital Innovation Award for Banking 2016 di Jakarta, Kamis (23/6) malam.

    Berkembangnya fintech sendiri, lanjut Muliaman, memang harus diberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara industri.

    Menurut Muliaman, apabila dibebani dengan banyak aturan pada saat ini, dikhawatirkan industri fintech malah tidak tumbuh.

    Oleh karena itu, memang dibutuhkan aturan yang pas untuk industri fintech. OJK sendiri bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika dan bersama industri tengah mendiskusikan regulasi yang tepat.

    "Cuma untuk tahu berapa pasnya (aturan), kita perlu 1 sampai 2 tahun. Artinya, kita masih melihat. Makanya, ada konsultasi ketemu dengan industri secara reguler," ujar Muliaman.

    Untuk industri perbankan sendiri, sementara akan dibuatkan semacam "guidelines" atau pedoman bagi bank yang berminat membuat fintech.

    Sementara itu, untuk target terbitnya Peraturan OJK (POJK) yang mengatur soal fintech, OJK masih melakukan komunikasi dengan berbagai pihak termasuk industri. 

    OJK sudah mengeluarkan semacam "consultative papers" dan meminta sejumlah pihak tertentu untuk merespons rencana pengaturan fintech yang telah disusun OJK.

    "Akhir tahun mungkin (POJK terbit). Akan tetapi, nanti kita lihat dulu. Namun, konsepnya itu sudah jadi," kata Muliaman.

    Sumber : http://www.antaranews.com/berita/569426/ojk-bank-harus-lengkapi-bisnis-dengan-fintech

    Berita Terkait

    Kominfo siapkan langkah strategis dukung AI

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mendukung pemanfaatan kecerdasan buatan, atau artificial i Selengkapnya

    Kominfo Bangun Infrastruktur Digital di 41 Desa di DIY

    KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan perhatian yang serius pembangunan infrastruktur digital di Daerah Istimewa Yogya Selengkapnya

    Gerakan 1000 Startup Indonesia Targetkan Valuasi Bisnis USD 10 M

    Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital menargetkan total valuasi bisnis senilai US$ 10 miliar pada 2020. Sejak 2016 program gelaran Kementer Selengkapnya

    Kaum Muda Harus Bisa Membuka Usaha Rintisan

    Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian Maritim atau IKPM Kementerian Kominfo Septriana Tangkary mengatakan anak muda masa kini harus Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA