FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 10-2016

    3495

    Pemerintah Tetap Dorong Migrasi ke TV Digital

    Kategori Berita Kominfo | daon001

    Jakarta, Kominfo- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pemerintah memastikan terus mendorong migrasi TV analog ke digital. "Saya sampaikan pemerintah tidak akan surut digitalisasi," katanya dalam sesi diskusi di Indonesia Broadcasting Expo , di Gedung Kartika Expo Jakarta, Jumat (21/10/2016).

    Menurut menteri, seiring dengan perkembangan teknologi, TV digital tidak bisa dihindari, meski demikian pihaknya saat ini belum bisa memastikan kapan migrasi TV analog ke digital bisa dilaksanakan, walaupun  switch off dilakukan tahun 2018.

    Uji coba yang switch off 2018 bisa diperpanjang agar timbul confidence dari masyarakat juga pelaku bisnis.  

    Menurut dia, uji coba pemanfaatan struktur  multiplex sudah di operasikan , yaitu untuk TVRI sedangkan lembaga penyiaran yang lainnya sebgai status content provider dan saat ini sedang dilakukan 12 kota Indonesia dan pengikutnya banyak.

    Uji coba tersebut dibutuhkan untuk mendapatkan pengalaman dalam pelaksanaan TV digital sekaligus mempersiapkan langkah-langkah yang dibutuhkan dalam menuju penerapan TV digital secara penuh.

    Menkominfo mengakui saat ini uji coba tersebut belum dapat menghasilkan ekosistem yang optimal, terutama karena masyarakat sebagai penonton masih sedikit dan belum terbiasa. Apalagi untuk menonton TV Digital tersebut, pada produk televisi yang lama harus menggunakan "set top box" untuk menangkap sinyal. Meskipun, bagi TV yang baru, "feature" untuk menonton TV digital sudah ada.

    Dikatakan pula oleh Menkominfo bahwa manufaktur di Indonesia sudah siap untuk tidak memproduksi lagi tivi analog. Sementara izin local sudah diberikan 1200 ijin dan untuk jaringan.

    Acara diskusi tentang Digitalisasi ini dipandu  dari Media Metro dan narasumber selain menkominfo adalah sutanto CEO SCM .(ddh)

    Berita Terkait

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    Kominfo Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi AI

    Pemerintah berupaya mempercepat manfaat dan meminimalisasi risiko AI di beberapa bidang prioritas, misalnya bidang kesehatan, dan reformasi Selengkapnya

    Menkominfo: BAKTI Kawal Transformasi Digital Nasional

    Pemerintah juga berupaya melakukan peningkatan kecakapan digital masyarakat untuk pemanfaatan ruang digital dan teknologi. Selengkapnya

    [Berita Foto] ATRC ASEAN ke-29 Bahas Kerangka Regulasi Digitalisasi ASEAN

    Pertemuan itu membahas beragam aspek transformasi digital dan regulasi telekomunikasi dan TIK di antara sepuluh negara anggota ASEAN. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA