FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 12-2016

    4988

    Dirjen SDPPI: Perlu Reorientasi Standarisasi

    Kategori Berita Kominfo | vera002

    Bandung, Kominfo-  Direktur Jenderal Sumber Daya Pos dan Informatika, Dr. Ir. Ismail, M.T menekankan pentingnya peran Kominfo dan juga PT Telkom Indonesia dalam hal standarisasi dan sertifikasi perangkat telekomunikasi.

     “Untuk mendukung peranan tersebut, perlu dilakukan reorientasi di bidang standarisasi termasuk laboratorium pengujian perangkat telekomunikasi di Indonesia untuk dapat menjadikan produk-produk nasional menjadi tuan rumah sebagai dukungan terhadap kebijakan TKDN.” jelas Ismail pada Kunjungan Kerja ke Bandung Digital Valey - Divisi Digital Services (DDS) PT. Telekomunikasi Indonesia, Rabu (7/12/2016).

     Lebih lanjut Ismail menjelaskan Reorientasi dalam bidang pengujian dilakukan pada dua hal, yaitu melakukan pengujian perangkat telekomunikasi dengan berfokus pada perlindungan masyarakat dan menjadikan laboratorium pengujian yang ada di Indonesia sebagai gateway untuk menguji produk lokal di bidang telekomunikasi yang akan dipasarkan di kawasan regional atau negara lain.  Untuk itu perlu dilakukan sinergi antara DDS PT. Telkom dan Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi milik Kominfo terkait fokus area pengujian yang akan dilakukan.

    Selain itu perlu dilakukan kerjasama standardisasi antara Kementerian Kominfo dan DDS PT. Telkom dari sisi business process. “Dalam rangka mendukung penetrasi broadband terutama terkait permasalahan penggelaran infrastruktur pasif, Ditjen SDPPI juga akan mencoba hadir dengan tiga solusi, yaitu standar, model bisnis, dan metode penetapan tarif.” ungkap Ismail.

    Disela kunjungan kerja tersebut, Dirjen SDPPI juga melakukan kunjungan pada fasilitas pengujian yang ada di DDS PT. Telkom dan kegiatan pengembangan start-up lokal yang dilakukan di Indigo - Bandung Digital Valey. Turut hadir mendamping kunjungan kerja ini antara lain Plt. Direktorat Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Mochamad Hadiyana dan beberapa pejabat serta staf Direktorat Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika serta Executive General Manager DDS, Arief Musta'in. (*VE)

    Berita Terkait

    Dewan Pers: Perpres Publisher Rights Untungkan Semua Pihak

    Perpres “Publisher Rights” justru akan menguntungkan semua pihak, baik media besar maupun media kecil. Selengkapnya

    Menkominfo: Pemerintah Belum Akan Eksekusi Putusan Arbiterase Singapura

    Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, menegaskan Pemerintah hanya akan melakukan eksekusi jika sudah ada penetapan dari penga Selengkapnya

    Kominfo Ajak Anak Muda Perkuat Literasi Digital Masyarakat

    Dirjen Semuel mengapreasi Program Jawara Internet Sehat 2021 dalam membangun literasi digital masyarakat agar makin cerdas dalam berpartisip Selengkapnya

    Dirjen IKP: Pelaku UMKM Gorontalo Harus Mampu Memanfaatkan Ruang Digital

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong mendorong agar pelaku UMKM di Provin Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA