FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 05-2017

    3096

    Harkitnas 2017 di Yogya, Dari Upacara Sampai Ziarah

    Kategori Berita Kominfo | Viska

    Yogyakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109 di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta (22/05/2017). Dalam peringatan Harkitnas 2017 ini juga digelar acara ziarah ke makam Tokoh Kebangkitan Nasional, dr. Wahidin Soedirohusodo.

    Upacara di lingkungan Pemerintah Provinsi Yogyakarta dipimpin Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi DIY Rani Sjamsinarsi. Upacara tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat pusat dan daerah, termasuk Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo Basuki Yusuf Iskandar sebagai perwakilan dari Kemkominfo.

    Rani selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Kominfo di hadapan para perwakilan pegawai negeri sipil, angkatan bersenjata TNI-Polri, dan juga pelajar yang hadir mengikuti upacara tersebut.

    “Persoalan pemerataan adalah masalah semua bangsa, bahkan negara maju. Sejak awal Pemerintahan Jokowi-JK, aspek pemerataan mendapat porsi yang sangat tinggi, diwujudkan dengan membangun Indonesia dari pinggir, dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,” tutur Rani.

    Lebih lanjut ia memaparkan upaya pemerintah dalam pemerataan di segala sektor, baik listrik, infrastruktur jalan raya, agraria, termasuk juga di bidang komunikasi dan informatika. “Pemerintah juga melakukan pembangunan di bidang kominfo melalui Proyek Palapa Ring, untuk mewujudkan seluruh wilayah Indonesia dapat menikmati internet berkecepatan tinggi,” jelas Rani.

    Di akhir sambutannya Rani juga menyampaikan bahwa terjadi perubahan besar sejak 1 abad yang lalu, yang dapat dirangkum dalam satu kata yaitu digitalisasi. Berkah digitalisasi tersebut nyata dirasakan berbagai sektor, salah satunya dengan terjadinya percepatan proses perizinan di berbagai sektor, seperti perizinan kehutanan, perhubungan, dan sektor pariwisata.

    “Pemangkasan ini dapat terlaksana berkat teknologi digital. Dengan inovasi digital kita dihadapkan pada kejutan-kejutan dan tata cara baru dalam berhimpun dan berkreasi,” katanya.

    Selain hadir pada upacara di Stadion Mandala Krida, Kabalitbang SDM juga turut mengikuti prosesi Upacara Ziarah Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional dr. Wahidin Soediro Hoesodo, Sleman. Pada prosesi ziarah tersebut, Kabalitbang SDM melakukan tabur bunga di makam dr. Wahidin Soedirohusodo yang adalah seorang tokoh pelopor Budi Utomo, serta beberapa makam pahlawan lainnya. (VY)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

    Kominfo menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Johnny Pimpin Upacara Pembukaan Balagar Angkatan IV

    Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan pelatihan tersebut bertujuan membangun jiwa patriotik dan semangat cinta tanah air kepada para peserta Selengkapnya

    Waspadai Hoaks Soal Varian Baru Omicron

    Kementerian Kominfo sejak Januari 2020 hingga 2 Desember 2021 telah mengidentifikasi berbagai hoaks dan disinformasi . Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Johnny Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

    Dalam upacara itu, Menkominfo menegaskan semangat Bung Tomo dan pahlawan juga diperlukan dalam menjaga ruang digital Indonesia aman, inklusi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA