FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 06-2021

    1478

    [DISINFORMASI] Mobil Truk Angkutan Jenazah Covid-19 DKI Jakarta

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan:

    Beredar sebuah pesan berantai pada aplikasi WhatsApp yang menampilkan foto mobil truk berwarna hijau dengan spanduk yang bertuliskan "Mobil Angkutan Jenazah" beserta tiga orang yang menggunakan pakaian APD yang berada dibagian belakang truk bertuliskan "TRUK ANGKUTAN COVID-19". Pada narasi pesannya disebutkan bahwa proses pengantaran jenazah di Jakarta sudah tidak lagi menggunakan ambulance melainkan menggunakan truk.

    Faktanya, informasi yang disampaikan pesan berantai tersebut adalah salah. Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan, klaim jenazah Covid-19 Jakarta diangkut truk tak lagi pakai ambulans adalah tidak benar. Menurut Suzi, foto tersebut merupakan simulasi, bukan kondisi sesungguhnya yang terjadi saat ini. Dalam artikel situs news.detik.com, Kapusdatin Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Ivan Murcahyo menegaskan, pihaknya tidak pernah menggunakan truk untuk mengangkut jenazah Covid-19. Dia memastikan angkutan ambulans di Jakarta bagi pasien Covid-19 masih memadai.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    • -  https://liputan6.com/amp/4587908/cek-fakta-tidak-benar-jenazah-covid-19-jakarta-diangkut-truk-tak-lagi-pakai-ambulans

    • -  https://news.detik.com/berita/d-5614786/viral-foto-truk-angkutan-jenazah-pemprov-dki-bilang-begini



    Berita Terkait

    [HOAKS] Kuis Tebak Angka Berhadiah Toyota Hilux

    Selengkapnya

    [HOAKS] Tautan Cara Aktivasi DANA Paylater

    Selengkapnya

    [HOAKS] Banjir Bandang Hancurkan Puluhan Rumah di Provinsi DKI Jakarta

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Motor Terendam Banjir di Provinsi DKI Jakarta

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA