FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 02-2014

    2221

    Kominfo: LTE Mungkin Gunakan Frekuensi 1.800 Mhz

    Kategori Sorotan Media | brs

    LTE Mungkin Gunakan Frekuensi 1.800 MhzREPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Teknologi akses data nirkabel tingkat tinggi Long Term Evolution (LTE) di Indonesia kemungkinan bakal mengggunakan frekuensi 1.800 MHz yang selama ini masih digunakan oleh GSM.

    Hal ini diungkapkan Kepala Pusat Informasi dan Humas (Kapusformas) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, Rabu (5/2). 

    "Sampai saat ini masih dikaji tapi naga-naganya akan menggunakan frekuensi 1.800 MHz yang sekarang masih digunakan oleh seluler GSM," kata dia. 

    Ia mengatakan, sampai saat ini memang ada sejumlah regulasi yang ditunggu oleh publik terkait penerapan internet generasi terbaru LTE di Indonesia.

    Gatot menambahkan, saat ini memang sudah ada beberapa operator yang menawarkan dan mengomersalisasikan LTE kepada masyarakat. "Tapi frekuensi mereka masih di 2,3 MHz, itu coveragenya masih lokal. Kalau yang 1.800 MHz itu nantinya untuk cakupan nasional," katanya.

    Pihaknya sampai saat ini sedang mengkaji secara khusus terhadap penggunaan frekuensi 1.800 MHZ, yang di antaranya secara bertahap direncanakan dapat dipakai untuk LTE.

    Oleh karena itu penataan di pita 1.800 MHz akan menjadi prioritas sebelum bergulirnya LTE pada pita ini. "Nanti kalau regulasi beres, baru kami akan lelang," katanya.

    Sumber : http://www.republika.co.id/berita/trendtek/internet/14/02/05/n0irj7-kominfo-lte-mungkin-gunakan-frekuensi-1800-mhz

    Berita Terkait

    Kominfo 2020, di tengah pandemi COVID-19

    Tahun 2020 menjadi tahun yang menantang bagi Indonesia sejak pandemi virus corona melanda pada Maret lalu. Selengkapnya

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Kominfo raih predikat wilayah bebas korupsi 2020

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mendapat penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi setelah memenuhi persyaratan yang d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA