FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 12-2021

    426

    Video Kumpulan Atlet Pingsan, Itu Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo – Beredar konten unggahan berupa video kompilasi dari gambar-gambar kejadian atlet yang jatuh pingsan saat bertanding.  Konon, kumpulan kejadian tersebut diklaim sebagai masalah jantung atau miokarditis sebagai efek dari vaksin Covid-19 terhadap para olahragawan. 

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan dari reuters.com, klaim tersebut keliru.  Tidak ada bukti bahwa vaksin Covid-19 terkait dengan seluruh insiden dalam video tersebut.

    Beberapa kejadian yang dikutip dalam video merupakan kejadian lampau, beberapa lainya adalah atlet yang belum menerima vaksin Covid-19, dan sisanya mengalami kondisi medis lain seperti tekanan darah rendah, kelelahan panas, masalah riwayat penyakit jantung, atau miokarditis yang disebabkan oleh infeksi Covid-19. 

    Lebih lanjut, Kepala eksekutif the Medicines and Healthcare products Regulatory Agency (MHRA), Dr. June Raine mengatakan MHRA memantau dengan cermat keamanan dan efektivitas vaksin Covid-19, termasuk laporan dugaan peradangan jantung, miokarditis, atau perikarditis.

    Miokarditis menjadi potensi risiko yang sangat langka dari vaksin Covid-19.  Adapun kejadian yang dilaporkan biasanya ringan dengan individu yang biasanya pulih dalam waktu singkat dengan pengobatan standar dan istirahat.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Minggu (05/12/2021):

    [DISINFORMASI] Video Kumpulan Atlet Jatuh Pingsan Dikaitkan dengan Efek Vaksin Covid-19

    [HOAKS] Perempuan di Cina Pingsan Setelah Divaksin

    Berita Terkait

    Video Kerusakan Parah Akibat Gempabumi Tuban? Itu Keliru!

    Ternyata, video yang memperlihatkan kerusakan rumah dan jalan itu merupakan kejadian akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur yang terjadi pad Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    Sejuta Ton Beras Sintetis Beracun Asal Cina Beredar di Bukittinggi, Awas Disinformasi!

    Barang yang dibongkar dari kapal adalah beras yang diimpor oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) dari Vietnam, bukan Cina. Selengkapnya

    Bahaya Vaksin Covid-19 pada Organ Jantung Manusia, Itu Disinformasi!

    Klaim yang menyebutkan bahaya Vaksin Covid-19 pada organ jantung manusia adalah tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA