FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 01-2022

    878

    Awas Hoaks! Daftar Perawatan Tubuh Usai Vaksinasi Covid-19

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar sebuah konten unggahan berbahasa asing berisi informasi daftar perawatan yang harus dilakukan setelah tubuh menerima vaksin Covid-19.

    Konon, perawatan itu diantaranya mandi dengan air panas dicampur dengan garam epsom, mandi di air elektromagnetik serta paparan sinar ultraviolet. Metode tersebut diklaim akan menghilangkan parasit dan hal-hal buruk lainnya dari vaksin Covid-19.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan dari AFP, pakar kesehatan mengatakan perawatan yang diklaim tersebut belum terbukti efektif dan sebenarnya justru berpotensi bahaya. Seorang pakar kesehatan Meedan, sebuah organisasi nirlaba teknologi global menyebut, tidak ada bukti bahwa mandi garam epsom dapat membantu membunuh parasit dan menarik logam lain keluar dari tubuh.

    Selanjutnya secara umum, data menunjukkan bahwa frekuensi elektromagnetik tertentu memang dapat membunuh parasit tertentu, tetapi hal tersebut bukan metode yang umum digunakan pada manusia.

    Lebih lanjut, terkait paparan sinar ultraviolet (UV), American Cancer Society memperingatkan bahwa sinar UV baik dari matahari atau dari sumber buatan seperti tanning bed dapat menyebabkan masalah kesehatan. Adapun postingan tersebut juga secara keliru mengklaim bahwa vaksin Covid-19 mengandung parasit dan graphene oxide, yang sebelumnya juga sudah dibantah oleh para pakar.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Minggu (02/01/2022):

    [HOAKS] Penculikan Anak di Tanah Bumbu

    [HOAKS] Daftar Perawatan untuk Membersihkan Tubuh setelah Vaksinasi Covid-19

    Berita Terkait

    Awas Hoaks Lowongan Pekerjaan Online!

    Faktanya, klaim dalam unggahan tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Give Away DPKP Kota Bandung

    Pemerintah Kota Bandung mengimbau masyarakat agar tidak menanggapi dan berhati-hati terhadap akun yang mengatasnamakan DPKP Kota Bandung. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Antre Panjang di Pelabuhan Gilimanuk Awal April 2024

    Fakta dari akun Instagram resmi @poldabali klaim video antrean panjang itu hoaks. Selengkapnya

    Awas Hoaks! BI Tak Layani Penukaran Uang Baru Idulfitri Tahun Ini

    Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com, narasi soal BI tidak melayani penukaran uang baru untuk Idul Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA