FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 11-2023

    438

    Menkeu Gabung Menjadi Tim Sukses? Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten unggahan video di media sosial Facebook dengan klaim Menteri Keuangan Sri Mulyani bergabung dengan tim sukses (Timses) pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

    Konon, dalam narasi video berdurasi 10 menit 43 detik itu, menyebutkan "Ganjar Mahfud menang, Sri Mulyani jadi Menko Ekonomi".

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim dalam unggahan video tersebut tidak benar.  Fakta ini diperkuat dengan adanya laporan, dilansir dari kompas.com, unggahan video tersebut merupakan artikel opini yang dipublikasikan di seword.com berjudul "Ganjar-Mahfud Menang, Sri Mulyani Akan Jadi Menko Ekonomi" yang dirilis pada 10 November 2023.

    Penulis dalam artikel tersebut berpendapat, jika Ganjar-Mahfud menang maka Sri Mulyani dipertahankan sebagai Menkeu atau bisa diangkat menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

    Dari keseluruhan isi video, tidak ditemukan informasi valid yang menyebutkan bahwa Sri Mulyani bergabung dalam timses Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Senin (13/11/2023):

    1. [HOAKS] Menkeu Sri Mulyani Gabung Menjadi Tim Sukses Ganjar Pranowo-Mahfud MD
    2. [HOAKS] Aparat Kepolisian Terlibat dalam Pemasangan Baliho Prabowo-Gibran
    3. [HOAKS] Bendungan Larona Retak Pascagempa di Kabupaten Luwu Timur
    4. [HOAKS] Sendok Logam Meleleh ketika Dimasukkan ke Dalam Larutan Asam Kuat
    5. [HOAKS] Video Viral Kereta Anjlok di Bagelen, Kabupaten Purworejo

    Berita Terkait

    UNHCR Terjerat Keimigrasian? Itu Hoaks!

    UU Keimigrasian tidak dapat digunakan untuk menjerat UNHCR sebab pengungsi Rohingya bukanlah imigran ilegal yang diselundupkan. Selengkapnya

    Gempabumi Magnitudo 9,8 Guncang Labuan Bajo? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim yang beredar tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Serpihan Logam dalam Makanan Bayi? Awas Hoaks!

    Video tersebut beredar dengan narasi bahwa makanan bayi tersebut mengandung logam. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA