FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 04-2014

    1799

    Kominfo nobatkan 5 perempuan penerima KNG Awards 2014

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Kominfo nobatkan 5 perempuan penerima KNG Awards 2014Jakarta, Kominfo - Kartini Next Generation Awards 2014 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika menobatkan 5(lima) perempuan pembawa perubahan, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa(22/4).

    Setelah melalui proses penjurian yang begitu ketat terhadap 18 (delapan belas) finalis, para juri memilih nama-nama berikut ini sebagai penerima penghargaan KNG Award 2014.

    Kategori Perempuan Pembawa Perubahan di Bidang Bisnis: Nancy Margried

    Entrepreneur di bidang Teknologi Informasi dan Desain yang kembangkan software bernama jBatik, yang dapat menciptakan berbagai variasi motif batik menggunakan pemodelan rumus matematika fractal dengan gampang dan cepat. 

    Kategori Perempuan Pembawa Perubahan di Bidang Pendidikan: Mira Julia Putri Utari

    Ibu Rumah Tangga yang mendokumentasikan proses pendidikan anak dan melakukan proses edukasi mengenai pendidikan berbasis rumah melalui Rumah Inspirasi (RumahInspirasi.com). Dan secara periodik mengadakan seminar online (webinar) yang diikuti oleh keluarga dari penjuru kota di Indonesia bahkan dari luar negeri.

    Kategori Perempuan Pembawa Perubahan di Bidang Kesehatan dan Lingkungan: Wilda Yanti

    Mengembangkan usaha di bidang Pengolahan sampah (organik), dan menjalankan bisnis tersebut dengan sistem kemitraan dan pemberdayaan masyarakat. Sampah dikelola menjadi sumber ekonomi baru.

    Kategori Perempuan Pembawa Perubahan di Bidang Seni dan Budaya: Intan Anggita Pritiwie

    Seorang Volunteering Tourism yang mengeksplorasi kekayaaan Indonesia Timur melalui menujutimur.com. Mengunggah tulisan, foto dan video untuk membangun kepedulian orang terhadap "local wisdom" dan "inspiring people" yang ada di Indonesia Timur.

    Penghargaan Khusus Perempuan Pembawa Perubahan: Grace Melia Kristanto

    Ibu muda yang dikaruniai seorang putri berkebutuhan khusus bernama Aubrey akibat Congenital Rubella Syndrome (CRS) yang mendirikan komunitas berbasis online bernama Rumah Ramah Rubella (RRR) untuk melakukan edukasi dan sosialisasi tentang TORCH.

    Kelima pemenang KNG Award 2014 ini merupakan hasil pemilihan dari Dewan Juri yang beranggotakan Teddy Sukardi (Ketua), Rudi Lumanto, Syukri Batubara, Ashwin Sasongko, Michael S. Sunggiardi, Jetti R. Hadi, Irwin Day, Aviliani, Septi Peni Wulandani, Nungki Kusumastuti, Euis Amalia, Carlia Djajadisastra, dan Ratih Sanggarwati.

    Sekretaris Ditjen Aplikasi Informatika, Mariam Fatimah Barata mengatakan KNG Award 2014, yang  ketiga kalinya diselenggarakan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong kaum perempuan menggunakan IT sesuai temanya yaitu, "women as agent of change". 

    Menurutnya karena kebetulan yang menyelenggarakan Kominfo maka kegiatan ini lebih menekankan kepada kaum perempuan yang berusaha melakukan perubahan di dalam lingkungan dalam menggunakan IT, ini sesuai dg temanya. "Jadi beberapa wanita yang ada diseluruh Indonesia kami panggil untuk mengikuti award ini melalui pendaftaran di intenet untuk mencalonkan diri sebagai kartini yang mempunyai kemampuan untuk merubah lingkungan,"katanya

    Dari 99 perempuan diseluruh Indonesia yang mendaftar kemudian dipilih menjadi 18 finalis, yang kemudian dinilai dewan juri menjadi 5 finalis KNG award 2014.(Yura)

    Berita Terkait

    Berdayakan Perempuan Pelaku UMKM, DWP Kominfo Gelar Bazar Ramadan 2024

    Bazar Ramadhan DWP Kementerian Kominfo tersebut diikuti oleh perempuan pelaku UMKM makanan, pakaian, dan kebutuhan rumah tangga lain. Selengkapnya

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA