FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 06-2014

    3997

    Kemkominfo: Pranata Humas Berperan Penting Jaga Citra Positif Lembaga Pemerintah

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Pranata Humas Berperan Penting Jaga Citra Positif Lembaga PemerintahBatam, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan, di era keterbukaan informasi publik saat ini, posisi pranata humas berperan penting terutama dalam rangka menjaga citra positif lembaga pemerintahan.

    Direktur Komunikasi Publik (KP) Ditjen Informasi dan Komunikasi (IKP) Kementerian Kominfo, Tulus Subardjono mengakui saat ini kekurangan tenaga pranata humas.

    Kondisi saat ini hanya ada 800 pranata humas, idealnya kebutuhan pranata humas 12 ribu pranata humas, kata Tulus dalam Rapat Koordinasi Pembinaan Jabatan Fungsional Pranata Humas di Pacific Hotel, di Batam, Jumat (27/6).

    Menurutnya, dengan kondisi seperti ini mengakibatkan kurang baiknya pencitraan Negara. “Saat ini pencitraan negara sangat kurang baik, seolah auto pilot, di luar control”, ujarnya.

    Ia mencontohkan kondisi dalam masa kampanye pemilihan presiden  saat ini dimana seharusnya pemilu itu pesta demokrasi, mencerdaskan masyarakat. “Tapi yang terjadi adalah konflik yang sangat besar”, teangnya.

    Dijelaskannya, nilai tukar dolar sangat tinggi, bukan karena siapa calon presidennya. Tapi dunia khawatir setelah pilpres ada kerusuhan atau tidak, lalu dia mempertanyakan siapa yang bertanggungjawab.

    Selama ini yang banyak bicara ke masyarakat adalah tim sukses calon presiden, sementara dari pemerintah tidak ada yang berbicara. pemerintahlah yang kurang piawai menggiring opini public, jelasnya.

    Dia mengungkapkan, 80 persen sumber berita di media memang berasal dari pemerintah. Tapi 80 persen juga isinya adalah citra negatif terhadap pemerintah. “Kepercayaan publik pada beberapa lembaga juga lemah. Masyarakat lebih percaya pada media. Bagaimana supaya pemerintah lebih dipercaya? Itulah tugas humas”, kata Tulus.

    Sementara itu, Asisten Ekonomi Pembangunan Pemko Batam, Syuzairi berpendapat sama, bahwa humas memiliki peran penting khususnya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015. Terutama bagi kawasan perdagangan bebas Batam, Bintan, Karimun.

    Peran humas sangat penting dalam memberikan pemahaman pada masyarakat. Kalau salah masyarakat bisa tidak setuju dengan apa yang pemerintah canangkan, kata Syuzairi saat memberi sambutan mewakili Walikota Batam.

    Menurutnya, sosialisasi jabatan fungsional humas ini perlu dilakukan karena masih minimnya minat terhadap jabatan fungsional. Padahal ke depan akan diperbanyak tenaga fungsional, sedangkan tenaga struktural akan dikurangi.

    Kehadiran bapak-bapak ibu-ibu diharap bisa jadi perpanjangan tangan untuk kegiatan ini. Saya percaya bila diikuti dengan seksama akan berarti, dan nanti akan banyak yang berminat menjadi tenaga fungsional kehumasan, ujarnya.

    Kasi Jabatan Direktorat Jabatan Karier Badan Kepegawaian Negara, Sumitro Situmorang mengatakan dulu mungkin jabatan fungsional memang tidak menarik. Tapi sekarang orang berlomba-lomba menjadi tenaga fungsional, sampai penerimaannya pun harus melalui tes seperti CPNS.

    Yang buat menarik adalah tunjangannya, lalu penilaian langsung ke kinerja. Kalau mau cepat naik pangkat ya kerjanya lari-lari, kalau malas ya tidak naik. Tak seperti jabatan umum, mau bagaimana kerjanya naik pangkat tunggu empat tahun, kata Sumitro.

    Rakor Pembinaan Jabatan Fungsional Pranata Humas ini diikuti 100 peserta dari Sekretariat Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota dan SKPD bidang Kominfo Provinsi se-Wilayah Regional Barat (Az).

    Berita Terkait

    Gelombang 10 Meter Terjang Jakarta Pusat Awal Januari 2024? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari turnbackhoax.id. Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Beri Efek Jera, Kominfo Musnahkan Perangkat Hasil Penertiban

    Tindakan pemusnahan merupakan bagian dari upaya Kementerian Kominfo memberikan pemahaman yang seragam kepada pelaku usaha tentang arti penti Selengkapnya

    Kominfo Akan Luncurkan Pembaruan e-Penyiaran

    Aplikasi e-Penyiaran akan terintegrasi dengan berbagai layanan seperti Online Single Submission (OSS), Sistem Informasi Manajemen Spektrun ( Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA