FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 07-2014

    1872

    Menkominfo Pimpin Apel Siaga Kesiapan Mudik Lebaran

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo Pimpin Apel Siaga Kesiapan Mudik LebaranJakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring pimpin apel siaga kesiapan Kemkominfo bersama seluruh Mitra Kerja menjelang lebaran 1 Syawal 1435 H, di Halaman Kantor Kementerian Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat 9, Jakarta Pusat, Selasa (15/7). 

    Mitra kerja Kemkominfo tersebut mulai dari LKBN Antara, Penyelenggara Pos seperti PT Pos Indonesia dan Asosiasi Penyelenggaraan Pos Swasta (Asperindo) serta Asosiasi Jasa Express Indonesia, selain seluruh operator telekomunikasi, para penyelenggara penyiaran seperti TVRI, RRI, dan televisi dan radio swasta. Disamping itu juga Orari, Rapi serta Senkom Mitra Polri.

    Menteri Tifatul berharap dalam pelaksanaan membantu mudik lebaran ini menurunkan angka kecelakaan akibat kelalai berkendaraan saat melakukan mudik lebaran.

    "Setiap nyawa sangat berharga, sepanjang jalan mari bersama-sama kita amankan agar dapat mengurangi angka kecelakaan bagi para pemudik dan selamat sampai dikampung halamannya untuk merayakan lebaran dengan sanak saudaranya."kata Tifatul.

    Menurut Menkominfo, pada tahun 2013 jumlah mudik lebaran sekitar 25,6 juta orang dan angka kecelakaan masih sangat tinggi hampir mencapai 4000 frekuensi diseluruh Indonesia terutama yang tersebar di Jawa dan Sumatera. "Dari kecelakaan  itu angka korban yang meninggal itu sekitar 779 orang, angka ini sangat tinggi padahal tujuan  mereka melakukan mudik lebaran ini adalah agar bisa silahturahmi dikampung halaman."katanya 

     Menurut Tifatul, sekitar 71% dari yang meninggal karena menggunakan sepeda motor dijalan karena kelelahan dan mengantuk disamping itu kadang-kadang abai dijalan dan tidak hati-hati. "Salah satu yang menyebabkan kecelakaan karena  faktor menggunakan alat komunikasi saat berkendara. Oleh karena itu, kami menghimbau kepada seluruh pemudik agar tidak menggunakan alat komunikasi saat mengendarai dan bila kelelahan dapat beristirahat di posko-posko mudik lebaran yang tersedia di titik -titik jalan mudik."

    Selain itu, agar lebih aman mudik lebaran, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyediakan angkutan untuk sepeda motor,  baik berupa kereta api, maupun kapal-kapal laut yang bekerjasam dengan TNI AL dan juga dengan  truk-truk gratis. "Hal ini dapat dimanfaatkan bagi masyarakat untuk mudik lebaran dengan aman dan nyaman hingga sampai tujuan."tuturnya

    Menteri berharap mudik lebaran kali ini jauh lebih baik dari tahun-tahun berikutnya.  Berdasarkan data perkiraan jumlah mudik tahun ini mencapai 27,8 juta orang dan  trafik lalu lintas terpadat akan terjadi di pulau jawa, Madura dan jalur penyebarangan ke Sumatera demikian juga penyeberangan ke Bali. (Yura)

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA