FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 07-2014

    2255

    BRTI dan 10 Penyelenggara Telekomunikasi lakukan Test Drive

    Kategori Berita Kominfo | brs

    BRTI dan 10 Penyelenggara Telekomunikasi lakukan Test DriveJakarta, Kominfo - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dan 10 Penyelenggaraan Telekomunikasi melakukan test drive atau pengecekan kualitas layanan telekomunikasi kesejumlah rute tertentu yang diperkirakanakan sangat padat arus mudik saat suasana lebaran. Rute tersebut yaitu Merak dan Bakahuni, Cirebon, Tasikmalaya serta Semarang ke arah Solo dan terus menuju Surabaya.

    "Pengujian tersebut sengaja dilakukan dibeberapa hari sebelum lebaran. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui keberhasilan panggilan telepon dan sebaliknya juga kemungkinan dropped call, blocked call dan rata-rata lamanya pengiriman SMS serta komunikasi data lainnya."kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemkominfo, Ismail Chawidu, di Jakarta, Selasa(15/7).

    Pengecekan ini juga dilakukan untuk wilayah Sumatera, Kalimantan danIndonesia Bagian Timur mengingat tingkat pergerakan masyarakat untuk mudik cukup tinggi.

    "Pengecekan kualitas layanan telekomunikasi ini sebenarnanya sudah rutin dilakukan sejak tahun 2007. Tujuan Drive test ini untuk mengetahui kesiapan para penyelenggara telekomunikasi dalam menghadapi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan layanan telekomunikasi di saat suasana lebaran 2014."jelas Ismail.

    Menurut Ismail, ketentuan mengenai kualitas layanan tersebut sifatnya buka kepada para penyelenggara telekomunikasi, tetapi sudah merupakan kewajiban yang harus ditaati sesuai beberapa Peraturan Menteri Kominfo tentang standar kualitas layanan telekomunikasi yang berlaku.

    "Dalam kondisi menjelang lebaran 2014 saja turunnya kualitas layanan telekomunikasi cukup banyak dikeluhkan oleh sejumlah warga masyarakat. Apalagi saat dalam suasana lebaran 2014."katanya (Yura)

    Berita Terkait

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    Jaga Kualitas Layanan Telekomunikasi, Kominfo Operasikan Pusat Monitoring

    Operasional PMT bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek pelayanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran dapat berjalan baik sesuai dengan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA