FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 12-2014

    8623

    Menkominfo Menilai Bisnis MVNO Sudah Saatnya di Indonesia

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo Menilai Bisnis MVNO Sudah Saatnya di IndonesiaJakarta, Kominfo - Menkominfo Rudiantara menilai model bisnis Mobile Virtual Network Operator (MVNO) di Indonesia sudah tak bisa dihindari lagi. Itu sebabnya, ia mulai mengkaji peluang bisnis untuk skema operator virtual tersebut.

    Rudiantara mengatakan, pola bisnis operator saat ini sudah berubah. Ada yang masih menganut mazhab semua dibangun dan dimiliki sendiri jaringannya. Ada yang melakukan managed services dan bermain di tataran layanan. Tetapi ada juga yang mengambil jalan tengah dari kedua mazhab itu.

    “Melihat kondisi ini, saya rasa pola MVNO itu inevitable. Tak bisa dihindari lagi,” tegas Menkominfo, Rudiantara saat memberikan keynote speech di hadapan para petinggi operator dan stakeholder telekomunikasi yang hadir di HUT ke-3 IndoTelko Forum, Balai Kartini, Jakarta, Kamis, (11/12).

    MVNO sendiri adalah sebuah layanan bergerak yang menyewa atau memakai spektrum frekuensi milik Mobile Network Operator (MNO) melalui suatu perjanjian bisnis. MVNO dalam hal ini dapat hanya berperan sebagai reseller dari MNO atau bisa membangun infrastrukturnya sendiri yang dibutuhkan sesuai dengan teknologi dan izin spektrum frekuensi yang dimiliki oleh MNO.

    Rudiantara juga akan menyiapkan platform aturan yang lengkap untuk mendukung MVNO, khususnya dengan Peraturan Menteri terkait Merger dan Akuisisi. “Ini agar semua ada kepastian hukumnya,” katanya.

    Belum lama ini isu MVNO menghangat jika melihat sinergi yang tengah dirancang PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dan PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) yang mirip-mirip dengan model bisnis itu. Apalagi, dalam Indonesia Broadband Plan model bisnis ini juga disebut-sebut bisa memacu perkembangan pita lebar di Tanah Air.(Ajo)

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Kominfo Akan Wajibkan Publisher Gim di Indonesia Berbadan Hukum

    Kementerian Kominfo dipastikan tidak membentuk badan rating ini sendiri, namun menyerahkannya ke pihak ketiga agar bisa menjadi lembaga inde Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA