FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 01-2015

    1902

    Menkominfo : Khusus Layanan Telekomunikasi di Perbatasan Saya Lobi Gubernur

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo : Khusus Layanan Telekomunikasi di Perbatasan Saya Lobi GubernurJakarta, Kominfo - Layanan telekomunikasi diakui masih belum merata sampai ke desa-desa dan khususnya di area perbatasan. Itu sebabnya, Menkominfo Rudiantara coba melobi kepala daerah agar bisa ikut membantu ekspansi telekomunikasi di daerahnya.

    "Khusus di perbatasan, saya lobi gubernurnya. Mereka yang bangun tower dan sediakan lahannya, sedangkan operator untuk BTS dan transmisi satelitnya," tutur Menkominfo Rudiantara usai acara menyerahkan bantuan M-PUSTIKA (Mobile-Pusat Teknologi Informasi Komunitas) di 30 lokasi daerah dan Media Center di 35 lokasi daerah, di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (19/1).

    Rudiantara mengatakan, untuk mempercepat pembangunan akses telekomunikasi di desa-desa dan perbatasan kata dia, bisa menggunakan dana pembangunan dari program Universal Service Obligation (USO).

    Dana USO ini kata Rudiantara merupakan pungutan 1,25% dari pendapatan kotor seluruh operator. Menurutnya, dana ini memang seharusnya dimanfaatkan untuk memerdekakan akses telekomunikasi di daerah pedesaan yang masih dianggap kurang seksi dari aspek komersial oleh para operator.

    Rudiantara menyebutkan, dari total 1,25% itu, operator bisa memanfaatkan separuhnya untuk insentif pembangunan di desa-desa dan perbatasan. Sedangkan sisanya dalam bentuk uang tunai yang disetorkan ke negara.

    "Dana USO itu jadi bagian dari insentif, dikembalikan ke industri. Makanya PLIK/MPLIK itu nggak ada lagi tender baru, bingung saya kontrolnya. Regulator nggak usah jadi operator lah. Kasih saja ke operator dalam bentuk insentif. Desa di perbatasan merdeka, warga juga ikut senang," pungkasnya.(AD)

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Akan Wajibkan Publisher Gim di Indonesia Berbadan Hukum

    Kementerian Kominfo dipastikan tidak membentuk badan rating ini sendiri, namun menyerahkannya ke pihak ketiga agar bisa menjadi lembaga inde Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA