FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 04-2015

    2845

    Menkominfo : Diharapkan Penataan Frekuensi 4G Selesai April 2015

    Kategori Berita Kominfo | andr010

    Menkominfo : Diharapkan Penataan Frekuensi 4 G Selesai April 2015Jakarta, Kominfo - Terbitnya Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Menkominfo) mengenai alokasi frekuensi 1.800 MHz, empat operator telekomunikasi membahas metode migrasi untuk penataan kanal. Saat ini pembahasan tersebut sudah mencapai titik terang.

    "Mudah-mudahan keputusan mengenai alokasi frekuensi 1.800 MHz bisa diselesaikan pada bulan April ini", ujar Menteri Kominfo Rudiantara, Rabu (1/4).

    Rudiantara juga menjelaskan, skenario penataan tetap dilakukan per cluster atau wilayah. Sementara migrasi kanal di masing-masing cluster tersebut nantinya dilakukan dengan metode step-wise yang mengkombinasikan metode direct, indirect dan antara keduanya.

    Metode direct berarti migrasi frekuensi dilakukan serempak pada suatu cluster, sedangkan indirect berarti migrasi tersebut dilakukan bertahap dengan menyediakan kanal kosong untuk transisi.

    "Semuanya ada 42 cluster. Pada cluster itu awalnya ada metode direct dan indirect, sekarang ada step-wise. Mungkin ada yang menggunakan direct, ada yang indirect ada juga di antara ke duanaya. Tergantung operatornya saja," katanya.

    Rudiantara mengatakan sangat percaya pada operator. " Menurut saya operator sudah bagus, mereka tidak melihatnya sebagai masing-masing kepentingan operator melainkan kepentingan industri. Kita sepakat bahwa broadband itu memang harus menjadi tujuan," ujar Rudiantara.

    Menkominfo Rudiantara sempat mengingatkan,  pengguna layanan telekomunikasi punya kemungkinan merasakan gangguan saat berlangsung proses migrasi. Misalnya dalam hal penurunan kualitas jaringan.

    Skenario penataan per cluster dilakukan untuk meminimalisir gangguan itu. Pertimbangan pemilihan cluster pun didasarkan pada wilayah yang implikasinya ke pelanggan cenderung minim, efisien, dan bisa dilakukan dengan cepat. (Rmg)

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    Transformasi Digital dan Pemerataan Akses Internet Kunci Indonesia Maju 2045

    Konektivitas yang cepat dan merata akan membuka peluang bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital untuk meningka Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA