FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 11-2020

    632

    Bimtek DEA Dinilai Bisa Kembangkan Inovasi UMKM

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Tomohon, Kominfo - Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman menilai Bimbingan Teknis Digital Entrepreuner Academy (DEA) Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka peluang pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengembangkan inovasi usaha digital. 

    "DEA memberikan kesempatan bagi UMKM di Kota Tomohon dan sekitarnya untuk berinovasi secara digital dalam melakukan pengembangan usaha,” ujarnya saat membuka Bimtek DEA di Tomohon, Rabu (18/11/2020). 

    Menurut Walikota Tomohon, mengatakan dalam menghadapi perubahan dan persaingan UMKM dituntut tidak boleh takut dan gentar. "Tetapi harus menghadapi serta memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang maju pesat dengan cara-cara dan terobosan baru," jelasnya.

    Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Manado Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Christiany Juditha  menjelaskan Bimtek DEA memang ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi pelaku UMKM. DEA merupakan bagian dari Program Digital Talent Scholarship (DTS) 2020.

    "Targetnya agar bisa memberikan modal dan dukungan bagi pelaku UMKM untuk bisa meningkatkan nilai suatu produk barang sehingga dapat menambah pemasukan," katanya. 

    Menurut Judhita, peserta Bimtek dibekali dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola usaha secara digital dan mengembangkan skala bisnis. 

    "Karena dalam kegiatan ini juga peserta diberikan pengembangan skill mengenai business model canvas, teknik olah foto sederhana, teknik copywriting, membuat website dan lainnya," jelasnya.
    Bimtek yang berlangsung selama dua hingga tanggal 19 November 2020 itu diikuti 60 peserta pelaku UMKM berbagai jenis usaha yang berada di Tomohon maupun Manado. 

    "Kegiatan ini juga diselenggaran dengan mengikuti standar protocol kesehetan yang berlaku, yaitu semua peserta dan panitia harus menjalani rapid tes Covid 19 dengan hasil non reaktif, diadakan di dua tempat yang berbeda untuk menghindari kerumunan massa yang banyak, serta setia kelas hanya terdiri dari 20 peserta," jelas Kepala BPSDMP Manado.
    Hadir juga sebagai narasumber Plt. DInas Koperasi dan UMKM Kota Tomohon,  Octavianus Mandagi dan Chief Innovation Officer di Satu Tampa, Maria Silangen. 

    Berita Terkait

    Perkuat Kelembagaan, Kominfo Kaji Revisi UU KIP

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo berharap berbagai diskusi yang melibatkan para pemangku kepentingan seperti Komisi Informasi, badan publik, m Selengkapnya

    Resmikan Kominfo Mart, Penasihat DWP: Mari Ciptakan Inovasi!

    Penasihat DWP Kementerian Kominfo berharap peluncuran Kominfo Mart memberikan manfaat besar. Selengkapnya

    Kominfo Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi AI

    Pemerintah berupaya mempercepat manfaat dan meminimalisasi risiko AI di beberapa bidang prioritas, misalnya bidang kesehatan, dan reformasi Selengkapnya

    Kominfo Ajak Kolaborasi Ciptakan Inovasi Kota Cerdas

    Kementerian Kominfo membangun sebuah sebuah starting point atau titik pijak agar pemerintah daerah bisa mewujudukan Kota Cerdas lebih cepat. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA