FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 03-2022

    1519

    Besok, 1st DEWG-G20 Akan Dibuka Menkominfo dari Lombok Barat

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Lombok Barat, Kominfo – Pertemuan 1st Digital Economy Working Group (DEWG) dalam rangkaian Presidensi G20 Indonesia akan dimulai besok, Selasa (29/03/2022). Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dijadwalkan membuka Forum DEWG yang berlangsung hibrida selama dua hari itu.


    Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Bonie Pudjianto menjelaskan pertemuan DEWG pertama yang diikuti delegasi negara anggota G20 secara virtual itu akan dihadiri secara langsung oleh Menkominfo. “Bapak Menteri Kominfo akan melakukan kunjungan kerja ke NTB besok. Bapak Menteri datang untuk membuka dan menghadiri pertemuan 1st DEWG yang dilaksanakan secara hibrida,” ujarnya usai menghadiri Rapat Koordinasi Pelaksanaan Digital Economy Working Group pertama di Aruna Hotel Senggigi, Lombok Barat, Selasa (28/03/2022).

    Sidang 1st DEWG akan membahas isu Post Covid-19 Recovery and Connectivity dan Digital Skills and Digital Literacy pada hari pertama. Adapun isu Cross-Border Data Flow and Data Free-Flow with Trust serta konklusi secara keseluruhan akan dibahas pada hari kedua.

    "Setelah pembukaan kemudian sambutan Chair DEWG yaitu Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba. Selanjutnya, Troika Member Italia dan India menyampaikan Remarks and Greetings," tuturnya.

    Pada hari pertama, Menteri Johnny akan memberikan statement kepada pekerja media melalui konferensi pers. Menurut Direktur Bonie, agenda sidang berikutnya akan diisi dengan pengenalan agenda dan prosedur oleh Alternate Chair atau Ketua Pengganti Dedy Permadi. "Dan nanti akan dilanjutkan dengan pembahasan untuk setiap isu,” ujarnya.

    Pelaksanaan Sidang 1st DEWG kali ini akan akan diikuti seluruh peserta (members country) yang tergabung dalam keanggotaan Group of Twenty (G20), ditambah negara tamu undangan (Invite Countries), serta organisasi internasional yang terlibat dalam DEWG.

    Dukungan Operator Telekomunikasi

    Lebih lanjut, Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aptika Kementerian Kominfo menyatakan operator telekomunikasi mendukung kelancaran acara dengan menyediakan kapasitas bandwith yang memadai.

    “Hari ini kami melakukan berbagai pengecekan kesiapan ruangan dan tampak sudah mulai terbangun dengan baik, diharapkan nanti malam seluruhnya sudah bisa selesai dan besok pagi akan dilakukan running test jaringan pada jam 12 siang dengan seluruh members country. Kita melakukan tes connectivity, karena pada DEWG pertama saat ini kita masih menggunakan sistem online. Jadi, semuanya akan bergantung pada infrastruktur,” jelasnya.

    Menurut Direktur Bonie, Kementerian Kominfo mengapresiasi dukungan untuk kelancaran acara 1st DEWG ini. “Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari operator seluler. Mereka memberikan peningkatan kapasitas dari 4G yang sudah ada, bahkan 5G. Semoga semua ini akan memudahkan dalam penyelenggaraan DEWG yang pertama,” ungkapnya. (hm.ys)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Mobile World Congress 2024

    Selengkapnya

    [Berita Foto] Tiba di Barcelona, Menkominfo Mulai Lawatan ke Spanyol

    Dalam lawatan ke Spanyol, Menteri Budi Arie akan menghadiri Mobile World Congress (MWC) 2024. Selengkapnya

    [Berita Foto] Rayakan Natal 2023, Menkominfo Gelar Open House

    Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju hadir untuk bersilaturahmi dalam acara tersebut. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA