FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 08-2022

    676

    Menteri Johnny: Pandemi Pacu Kominfo Lebih Progresif

    SIARAN PERS NO. 320/HM/KOMINFO/08/2022
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Johnny G. Plate dalam Rapat Koordinasi Reformasi Birokrasi Kementerian Kominfo yang berlangsung secara hibrida dari PIK Avenue, Jakarta Utara, Kamis (11/08/2022) malam. - (Pey)

    Siaran Pers No. 320/HM/KOMINFO/08/2022

    Jumat, 12 Agustus 2022

    tentang

    Menteri Johnny: Pandemi Pacu Kominfo Lebih Progresif 

    Pandemi Covid-19 mendorong Pemerintah untuk lebih progresif. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, langkah-langkah yang diambil oleh Kominfo cukup progresif untuk membantu Indonesia menangani pandemi Covid-19, meskipun tidak tampil di garis depan.

    “Kondisi itu memaksa kita melakukan akselerasi transformasi. Pertama,  upstream dan downstream ICT infrastructure yang pada saat dimulainya awalnya pandemi Covid-19 belum  tergelar dengan baik. Kedua, komunikasi publik akan terasa berat jdan tidak bisa ditransmisikan dengan baik jika seluruh tim Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik tidak membangun koordinasi dan kolaborasi dengan seluruh network media di Indonesia,” ungkapnya dalam Rapat Koordinasi Reformasi Birokrasi Kementerian Kominfo yang berlangsung secara hibrida dari PIK Avenue, Jakarta Utara, Kamis (11/08/2022) malam.

    Demikian juga dengan dukungan untuk menjaga ruang digital tetap bersih dan nyaman. Menurut Menteri Johnny apabila Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika dengan cyberdrone-nya, tidak bekerja dengan baik, maka Kementerian Kominfo tidak punya informasi terkait dengan hoaks, disinformasi, mallinformasi dan lain sebagainya.

    “Dengan adanya kedua dukungan ini, Kementerian Kominfo telah memberikan safeguard pada masyarakat,” tandasnya.

    Menkominfo juga menjelaskan upaya kolaborasi yang dilakukan bersama Telkom Indonesia untuk mengembangkan Aplikasi PeduliLindungi yang memungkinkan tracing, tracking, dan fencing aktivitas masyarakat untuk pencegahan perluasan penyebaran pandemi Covid-19.

    “Seperti misalnya terkait evaluasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Tadi Pak Ismail Dirjen SDPPI sekaligus Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika yang juga merupakan salah satu Deputi di sana menyampaikan KPC PEN menjadi kanal atau channel koordinasi penanganan pandemi Covid-19 dari sisi komunikasi dan Informatika. Mungkin banyak yang tidak tahu,” jelasnya.

    Dengan langkah progresif selama pandemi, Menteri Johnny menyatakan telah banyak yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo.

    “Ini merupakan prestasi bersama, tepuk tangan untuk kita semuanya. Barangkali ini sisi lain daripada Reformasi Birokrasi. Pada saat penyusunan aturan-aturan dan semua cara penilaian reformasi birokrasi asumsinya normal, keluarlah semua tolak ukur dan dari situasi yang normal itu kita boleh berbangga,” ujarnya 

    Indeks Reformasi Birokrasi Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tahun lalu naik menjadi 78,18 lebih berkaitan dengan acuan normal. 

    “Nilai itu meningkat 1,9 poin dari angka 76,28 di tahun sebelumnya. Namun, penilaian tersebut berbasis acuan-acuan normal. Jika ada alternatif penilaian untuk menilai berdasarkan situasi-situasi tidak normal,” ungkap Menkominfo.

    Oleh karena itu, Menteri Johnny menyatakan jika tolok ukur dilakukan berdasarkan acuan eksisting langkah yang diambil Kementerian Kominfo, akan dapat menghasilkan nilai yang lebih besar. Menurutnya, penanganan pandemi Covid-19 menjadi salah satu pelajaran besar dan berharga bagi Kominfo.

    “Ini hal yang sudah kita lakukan, ada banyak dan kalau tolok ukur itu semuanya dilakukan, maka angkanya mungkin naiknya bukan 1,9.   Jadi yang ingin saya sampaikan malam ini, pengalaman saat pandemi Covid-19 adalah bahan refleksi dan kontemplasi kita bagaimana penataan dan tata kelola birokrasi,” tandasnya.

    Selain Menkominfo Johnny G. Plate, hadir dalam acara itu Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba; Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika sekaligus Plt. Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Ismail; Dirjen Aptika, Semuel A. Pangerapan; Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Usman Kansong; Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Hary Budiarto; serta Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika, Anang Latif. 

    Hadir pula, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Tim Pokja Reformasi Birokrasi Pusat dan Unit Kerja, serta para perwakilan satuan kerja di lingkungan Kementerian Kominfo. 

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id 

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 302/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kembangkan Infrastruktur Hijau, Kominfo Bangun Kota Cerdas dan PDH

    Saat ini Kementerian Kominfo telah mengembangkan program kota cerdas atau smart city dan pembangunan Pusat Data Hijau (PDH). Selengkapnya

    Siaran Pers No. 301/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kominfo Selaraskan Visi Indonesia Digital dengan Ekonomi Hijau

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan telah menyusun Visi Indonesia Digital 2045 sebagai dukungan mewujudkan Indonesia Emas 2045. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 300/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Ekonomi Digital Bertumbuh, Wamen Nezar Patria Ajak Permias Seattle Ambil Bagian

    Wamen Nezar Patria mengajak Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (Permias) untuk bersiap dan aktif menjadi bagian dalam memanfaa Selengkapnya

    Siaran Pers No. 298/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Lawatan ke AS, Wamenkominfo Jajaki Kerja Sama Digital

    Pemerintah Indonesia akan melihat best practices teknologi terbaru yang tepat untuk diterapkan pada perangkat dan pengelolaan data governan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA