FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 09-2023

    467

    KTT AIS Forum 2023 Upaya Indonesia Menjadi Negara Maritim Kuat

    Kategori Rilis Media GPR | mth
    Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Republik Indonesia Jodi Mahardi di acara International & Indonesia CCS Forum 2023 di Jakarta, Senin (11/9/2023). - (ANTARA/Lifia Mawaddah Putri.)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT AIS FORUM 2023

    No.08/SP/TKM-AISFORUM2023/9/2023

     

    KTT AIS Forum 2023 Upaya IndonesiaMenjadi Negara Maritim Kuat

    Jakarta, 25 September 2023 –Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menyatakan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Bali pada 11 Oktober mendatang adalah salah satu indikator upaya mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim yang kuat.

    Hal itu dikatakan Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves Jodi Mahardi di Jakarta, Senin (25/9/2023).

    “AIS Forum juga dibentuk untuk memperkuat kepemimpinan Indonesia di forum Internasional. Penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023 menjadi komitmen Indonesia menjadi bangsa bahari yang unggul," kata Jodi. 

    Dikatakan Jodi, terdapat indikator lainnya, yaitu transformasi ekonomi melalui hilirisasi industri. Kebijakan hilirisasi mendorong adanya industrialisasi berbasis komoditas bernilai tambah tinggi menuju struktur ekonomi yang lebih kompleks. 

    “Hilirisasi dapat meningkatkan produksi dan nilai tambah barang dan jasa,” katanya. Selain itu, hilirisasi industri juga dinilainya akan mendorong peningkatan investasi yang lebih merata.

    Jodi mencontohkan, sepanjang 2020 ekspor komoditas nikel dan barang turunannya senilai 4,73 miliar dolar AS, naik dari tahun 2019 yang hanya 2,59 miliar dolar AS. Ekspor kembali meningkat pada 2021 sebesar 7,08 miliar dolar AS dan periode Januari-Agustus 2022 telah mencapai 8,7 miliar dolar AS.

    Hal ini menjadi menjadi gambaran bahwa hilirisasi meningkatkan ketahanan ekonomi Indonesia. Indikator ketiga menurut dia, untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim yang kuat adalah terwujudnya perairan Indonesia yang bersih, sehat, dan produktif.

    Berdasarkan skor Indeks Kesehatan Laut Indonesia (IKLI), kondisi perairan Indonesia mengalami perbaikan dalam tiga tahun terakhir. Pada tahun 2020 skor IKLI mencapai 73,44, kemudian sempat berada di angka 73,06 pada tahun 2022, dan kembali naik di tahun 2022 menjadi 75,65.

    “Data IKLI tersebut dapat dipresentasikan di tingkat internasional sebagai kinerja sektor kelautan di Indonesia,” kata Jodi.

    Indikator terakhir, menurut Jodi, adalah menciptakan sumber daya manusia maritim yang inovatif dan berkarakter. Melalui program Bulan Literasi Maritim (BLM), Kemenko Marves mengambil peran untuk memperluas literasi kemaritiman bagi generasi muda.

    Kegiatan yang digelar secara rutin dalam dua tahun terakhir, berisi berbagai aktivitas yang dapat diikuti para generasi muda untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas terkait kemaritiman. 

    ***

    Tentang AIS Forum:

    Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

     

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

    Berita Terkait

    KTT AIS Forum 2023 Sepakati Peningkatan Kerja Sama Inklusif, Setara, dan Solid

    Dukungan penuh Indonesia untuk Deklarasi ini juga dikatakan Presiden sebagai wujud komitmen Indonesia mendorong kerja sama yang sudah terjal Selengkapnya

    Indonesia Ajak Negara AIS Perkuat Pariwisata Berkelanjutan

    Yang menjadi tujuan bersama adalah mewujudkan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan ta Selengkapnya

    AIS Forum Latih Pemuda Menyiapkan Tata Kelola Laut

    AIS Forum telah memulai misi untuk melibatkan pemimpin pemuda potensial dan calon pembuat perubahan dari sejumlah komunitas adat di Kepulaua Selengkapnya

    KTT AIS Forum Momentum Unjuk Kebaikan Ekonomi Biru

    Untuk mencapai masa depan yang lebih berkelanjutan bagi lautan, lanjutnya, negara pulau dan kepulauan perlu mengembangkan solusi cerdas dan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA