FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 10-2023

    400

    AIS Forum Latih Pemuda Menyiapkan Tata Kelola Laut

    Kategori Rilis Media GPR | mth
    AIS Youth Conference 2023 sebagai salah satu side event dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AIS Forum di Bali, Indonesia, yang berlangsung 6--8 Oktober 2023 secara kolektif menyepakati AIS Youth Declaration/Deklarasi Pemuda AIS. Deklarasi ini berisi komitmen para pemuda negara-negara AIS terhadap upaya perlindungan ekosistem laut demi masa depan yang berkelanjutan. Suasana Konferensi Tingkat Tinggi AIS Forum 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (11/10/2023). - (Media Center HLM AIS Forum 2023)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT AIS FORUM 2023
    No.78/SP/TKM-AISFORUM2023/10/2023

     

    AIS Forum Latih Pemuda Menyiapkan Tata Kelola Laut

    Badung, 15 Oktober 2023 – Konferensi Tingkat Tinggi Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 telah terlaksana di Nusa Dua, Bali pada 10--11 Oktober lalu. Indonesia dan 50 negara partisipan AIS Forum lainnya banyak memberi kesempatan kepada anak-anak muda kreatif untuk mengembangkan beragam inovasi cerdas dan solutif demi memastikan masa depan tata kelola laut yang lebih baik.

    AIS Forum telah memulai misi untuk melibatkan pemimpin pemuda potensial dan calon pembuat perubahan dari sejumlah komunitas adat di Kepulauan Solomon. Mereka dilibatkan dalam lokakarya berorientasi pemuda tentang tata kelola laut yang diadakan pada 27 September 2022.

    Kepulauan Solomon atau Kepulauan Salomo adalah sebuah negara kepulauan Persemakmuran di Samudra Pasifik bagian selatan yang terletak di sebelah timur Papua Nugini, berbatasan di sebelah laut selatan Mikronesia, berbatasan di sebelah laut barat daya Nauru dan Kepulauan Marshal, berbatasan di sebelah laut barat laut Vanuatu dan Kaledonia Baru, dan berbatasan di sebelah timur laut Laut Koral dan Australia.

    Dari sisi demografi, sebagian besar populasi di Kepulauan Solomon didominasi anak-anak muda, dengan tujuh dari sepuluh penduduk Kepulauan Solomon berusia di bawah 30 tahun. Dengan demikian, terbuka peluang pelibatan pemuda dalam pengelolaan lingkungan dan tata kelola laut.

    Tujuan utama dari lokakarya itu adalah untuk memahami lebih dalam praktik pengelolaan laut tradisional oleh komunitas adat sambil secara bersama-sama mengenalkan konsep-konsep tata kelola laut modern.

    Dalam acara tersebut, AIS Forum berhasil mengajak 25 pemimpin muda terlibat aktif dalam berbagai aktivitas edukatif sembari membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menyiapkan tata kelola laut yang lebih baik. Acara ini juga melibatkan Jaringan Aksi Iklim Kepulauan Solomon (SICAN) dan Universitas Nasional Kepulauan Solomon (SINU).

    Keterlibatan komunitas adat dalam pelestarian laut di Fiji menjadikan mereka pemangku kepentingan sentral. Sekretariat AIS Forum mengumpulkan para pemimpin pemuda dan pembuat perubahan untuk mendapatkan pemahaman tentang tata kelola laut yang lebih baik. Juga, soal cara mengimplementasikannya di komunitas adat masing-masing.

    Lokakarya ini dipimpin Transform Agorau dan Jimmy Damusari yang memberikan sesi informatif tentang menciptakan dan memimpin perubahan dalam komunitas adat untuk tata kelola laut yang lebih baik, serta alat-alat kunci kepemimpinan. Setelah itu, sesi kedua berfokus pada kegiatan kelompok dan presentasi di mana peserta diberi kesempatan untuk berbagi wawasan dan pembelajaran mereka.

    Dalam kesempatan tersebut mereka berbagi pandangan tentang posisi pemuda dalam tata kelola laut dan menekankan ketergantungan Kepulauan Solomon pada sumber daya laut. Lokakarya itu disertai pula dengan aksi bersih-bersih pantai di kawasan Marine Campus Beachfront.

    Konsep dasar tata kelola laut yang berkelanjutan diubah menjadi aktivitas nyata di mana peserta dapat bersama-sama bertindak untuk lingkungan laut yang lebih sehat. Diharapkan kegiatan itu menjadi langkah pertama untuk membangkitkan kepemimpinan pemuda dalam komunitas adat Fiji. (Anton Setiawan/Elvira Inda Sari)

    ***

    Tentang AIS Forum:
    Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong (0816785320).

    Dapatkan siaran pers, narasi, foto, dan video terkait KTT AIS Forum 2023 di https://s.id/aispedia

     

    Berita Terkait

    KTT AIS Forum 2023 Sepakati Peningkatan Kerja Sama Inklusif, Setara, dan Solid

    Dukungan penuh Indonesia untuk Deklarasi ini juga dikatakan Presiden sebagai wujud komitmen Indonesia mendorong kerja sama yang sudah terjal Selengkapnya

    Contoh Baik Tata Kelola Sampah Laut Indonesia di KTT AIS Forum

    Di Kota Padang, Sumatera Barat, sebagian masyarakat, termasuk para nelayan saat ini berebut mengumpulkan sampah karena dapat ditukarkan menj Selengkapnya

    AIS Forum Bantu Pemulihan Terumbu Karang di Pantai Jayapura

    Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia berada di salah satu ekosistem terumbu karang yang paling beragam di dunia, Selengkapnya

    AIS Forum Bantu Pengembangan ARHEA, Drone Canggih Buatan RI Pemantau Kondisi Air Laut

    Departemen Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran Bandung tersebut, berhasil menciptakan ARHEA, akronim dari Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA