FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 11-2013

    1741

    Menkominfo Telah Terima Hasil Kajian Merger XL dan Axis Dari Tim Ad-hoc

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Jakarta, Kominfo - Tim ad hoc Kementerian Kominfo sudah menyerahkan hasil kajiannya kepada Menkominfo Tifatul Sembiring, terkait merger PT XL Axiata Tbk dan PT Axis Telekom.

    Seorang  pejabat Kominfo mengatakan, hasil kajian tersebut bisa saja berubah di tangan menteri, dan Menkominfo memiliki hak prerogatif. Menurut pejabat tersebut, hasilnya malah sudah dipresentasikan oleh Ketua dan Wakil Ketua BRTI kepada Menkominfo Tifatul Sembiring.

     "Hasilnya seperti yang sudah diberitakan, yaitu 5 MHz di pita 2,1 GHz, dan 5 MHz lainnya dari pita selain 2,1 GHz, bisa di 1.800 MHz atau pita XL di 900 MHz masing-masing sebesar 2 MHz dan 3 Mhz. Jadi sekarang tinggal menunggu saja kebijakan menteri seperti apa," ujarnya.

     Menko Perekonomian Hatta Rajasa  pernah mengungkapkan,  penguasaan frekuensi tidak bisa begitu saja dipindahtangankan karena merupakan sumber daya yang terbatas.

    "Dalam kasus merger XL dan Axis, seharusnya Axis harus mengembalikan seluruh frekuensinya ke negara dan setelah itu baru ditata dan dialokasikan kembali kepada operator yang memberikan keuntungan dan pemasukan bagi negara," ujarnya.

    Sementara  itu, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo Gatot S. Dewa Broto mengatakan,  tim ad hoc sangat independen dan tidak terpengaruh masukan dari luar.

    “Kominfo  telah menerima surat pengajuan tambahan frekuensi 10 MHz di pita 1.800 MHz dari PT Hutchison CP Telecommunication (Tri) dan secara lisan dari Telkomsel.  Itu masih dalam kajian dan belum diputuskan Menkominfo,” pungkasnya. ( Rmg).

    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Wamenkominfo akan Bincang Transformasi Digital dengan Sivitas STMM

    Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Perwakilan Kominfo untuk Pemecahan Rekor Dunia Angklung 2023

    Pemecahan Rekor Dunia Angklung 2023 diinisiasi Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) guna mendukung pelestarian Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Kunjungan Direksi Telkom Group

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menerima Direksi Telkom Group yang dipimpin Direktur Utama Ririek Adriansyah. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA