FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 10-2023

    519

    Aksi Bersih-Bersih dan Tanam Mangrove AIS Forum

    Kategori Rilis Media GPR | mth
    Warga membantu menyiapkan bibit pohon mangrove yang akan ditanam disekitar pesisir Desa Tapulaga, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis (12/10/2023). BNPB bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menginisiasi kegiatan penanaman 7.000 bibit pohon mangrove untuk memperkuat mitigasi bencana tsunami dan abrasi pantai, sekaligus dalam rangka Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (Bulan PRB) Tahun 2023 di Kota Kendari. - (ANTARA FOTO/Jojon/YU)

    SIARAN PERS

    TIM KOMUNIKASI DAN MEDIA KTT AIS FORUM 2023
    No.77/SP/TKM-AISFORUM2023/10/2023

     

    Aksi Bersih-Bersih dan Tanam Mangrove AIS Forum

    Badung, 15 Oktober 2023 – Forum Negara pulau dan kepulauan atau Archipelagic and Island States (AIS) Forum melakukan aksi bersih-bersih serta penanaman mangrove atau bakau di Dam Suwung Kub Batu Lumbang, Denpasar Selatan, Provinsi Bali, sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT AIS) Forum 2023 yang digelar di Bali pada 10-11 Oktober 2023.

    “Program penanaman mangrove itu, merupakan upaya mitigasi atas efek dari kerusakan lingkungan dengan cara menanam ulang mangrove-mangrove,” ujar Koordinator AIS Blue Startup Hub untuk AIS Forum UNDP, Marsella Winata, ketika dikonfirmasi pada Minggu (15/10/2023).

    Menurut Marsella, program penanaman mangrove bulan ini fokus diadakan di Indonesia terkait dengan digelarnya KTT AIS Forum. Di luar KTT AIS Forum, pembersihan dan penanaman mangrove merupakan program regular yang digelar serentak oleh komunitas AIS di negara-negara AIS.

    “Jadi memang setiap bulan (digelar) serentak, misalnya lagi ada World Ocean Day, kami membuat program clean up di beberapa tempat dan juga penanaman mangrove di beberapa tempat. Cuma karena ada KTT di Indonesia. Kami fokuskan dulu penanaman mangrovenya di sini,” jelasnya.

    Marsella mencontohkan, bulan lalu komunitas AIS melakukan penanaman mangrove di Barbados berkolaborasi dengan pemerintah dan komunitas setempat.

    Kolaborasi itu dinilai penting untuk memantau kesehatan mangrove yang telah dibersihkan dan ditanam karena merupakan tanaman yang berperan sebagai penjaga ekosistem laut.

    “Di AIS Forum membahas soal kolaborasi, kita punya regional office di setiap regionnya dan mereka yang membantu untuk kita bisa kerja bareng bersama komunitas,” katanya.

    Menurut Marsella, pihaknya tidak memiliki target khusus jumlah mangrove yang harus ditanam di setiap negara atau region.

    Yang menjadi perhatian komunitas AIS yang digagas Pemerintah Indonesia dan UNDP itu adalah
    bagaimana agar mangrove tersebut bisa bertahan dan efeknya.

    “Kalau misalnya jumlah itu, kualitasnya tidak baik juga tidak benar makanya kita fokus untuk maintenance lewat kerja sama dengan stakeholder lain seperti pembuatan monitoring mangrove untuk mengecek kesehatannya,” pungkas Marsella.

    Acara Mangrove clean U & Planting digelar Rabu (11/10/2023) sejak pukul 07.00 WITA, yang dimulai dari persiapan, penanaman 500 bibit mangrove, pembersihan hutan mangrove, hingga pengangkutan sampah yang selesai pada pukul 13.00 WITA.

    ***

    Tentang AIS Forum:
    Archipelagic and Island States (AIS) Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong (0816785320).

    Dapatkan siaran pers, narasi, foto, dan video terkait KTT AIS Forum 2023 di https://s.id/aispedia 

     

    Berita Terkait

    Desain Nuansa Lautan di KTT AIS Forum

    Nuansa kejutan juga hadir di lobi, saat para tamu negara disambut suasana laut yang tersuguh di dinding hingga mencapai langit-langit, lewat Selengkapnya

    Contoh Baik Tata Kelola Sampah Laut Indonesia di KTT AIS Forum

    Di Kota Padang, Sumatera Barat, sebagian masyarakat, termasuk para nelayan saat ini berebut mengumpulkan sampah karena dapat ditukarkan menj Selengkapnya

    Merawat Tradisi Menanam Mangrove di Acara Internasional

    Mangrove turut menjadi concern di dalam KTT AIS Forum. Selain Indonesia selaku pemilik hutan mangrove terluas di dunia, ada pula negara-nega Selengkapnya

    Indonesia Suguhkan ‘Cultural Experience’ dalam KTT AIS Forum

    Program Cultural Experience ini menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk mempromosikan keragaman dan kekayaan pariwisata dan ekonomi kreatif Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA