FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 04-2024

    1074

    Kominfo Sambut Baik Komitmen Perusahaan Global Bangun Pusat AI di Indonesia

    SIARAN PERS NO. 254/HM/KOMINFO/04/2024
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 254/HM/KOMINFO/04/2024

    Rabu, 3 April 2024

    tentang

    Kominfo Sambut Baik Komitmen Perusahaan Global Bangun Pusat AI di Indonesia

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menyambut baik komitmen perusahaan teknologi multinasional asal Amerika Serikat Nvidia dalam membangun Indonesian Artificial Intelligence Nation atau Pusat Kecerdasan Artifisial (AI).

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan Nvidia bekerja sama dengan PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk rencananya membangun Pusat AI di Solo Technopark, Kota Solo Jawa Tengah pada tahun 2024.

    “Ada komitmen dari Nvidia dan Indosat untuk berinvestasi senilai USD200 juta atau Rp3 Triliun untuk membangun Indonesia AI Nation di Solo Technopark,” ungkapnya di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (03/04/2024).

    Menteri Budi Arie menjelaskan konsep pembangunan Pusat AI bermuara pada infrastruktur telekomunikasi dan sumberdaya manusia atau talenta digital. 

    “Sudah disampaikan Pak Vikram Sinha (CEO Indosat) ke Pak Walikota Solo (Gibran Rakabuming Raka) bahwa Indosat dan Nvidia komitmen untuk investasi dalam bentuk infrastruktur dan peningkatan sumberdaya manusia. (Kenapa di Solo) karena SDM-nya bagus, kondisinya siap, ada 5G juga disana,” jelasnya.

    Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria menambahkan kerja sama Nvidia dengan Pemerintah telah dicanangkan sejak beberapa tahun yang lalu untuk peningkatan kualitas talenta digital Indonesia di bidang AI.

    “Kalau tidak salah di Tahun 2022 - 2023 Nvidia juga berkomitmen membantu pendidikan hampir 20 ribu mahasiswa Indonesia untuk meningkatkan skill-nya di bidang AI dari bagian pengembangan talent digital di Indonesia,” jelasnya.

    Menurut Wamenkominfo, pembangunan Pusat AI merupakan tindak lanjut dari komitmen jangka panjang Nvidia di Indonesia melalui kerja sama lima tahunan.

    “Ini yang dipertajam lagi dengan Indonesian AI Nation itu, saya kira memang sangat strategis dan Nvidia sendiri satu perusahaan yang kita tahu performance-nya bagus dalam lanskap industri AI di tingkat global,” ujarnya.

    Wamen Nezar Patria menilai pembangunan Pusat AI di Indonesia bekerja sama dengan Nvidia strategis.

    “Jadi kerja sama ini sangat strategis dan kita berharap ada transfer teknologi juga sehingga kita gak cuma jadi users, tapi nanti bisa menjadi bagian dari pemain AI yang diperhitungkan baik di kawasan maupun di tingkat global,” tandasnya.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id
     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 304/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Dampingi Presiden Terima Kunjungan CEO Microsoft, Menkominfo: Bahas Eksosistem Teknologi

    Menurut Menteri Budi Arie kerja sama pengembangan sumberdaya manusia akan difokuskan pada peningkatan jumlah dan kompetensi talenta digital Selengkapnya

    Siaran Pers No. 302/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kembangkan Infrastruktur Hijau, Kominfo Bangun Kota Cerdas dan PDH

    Saat ini Kementerian Kominfo telah mengembangkan program kota cerdas atau smart city dan pembangunan Pusat Data Hijau (PDH). Selengkapnya

    Siaran Pers No. 301/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kominfo Selaraskan Visi Indonesia Digital dengan Ekonomi Hijau

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan telah menyusun Visi Indonesia Digital 2045 sebagai dukungan mewujudkan Indonesia Emas 2045. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 300/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Ekonomi Digital Bertumbuh, Wamen Nezar Patria Ajak Permias Seattle Ambil Bagian

    Wamen Nezar Patria mengajak Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (Permias) untuk bersiap dan aktif menjadi bagian dalam memanfaa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA