FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
24 06-2017

32
Rudiantara Meninjau NOC Operator Telekomunikasi dan Seluler
SIARAN PERS NO. 75/HM/KOMINFO/06/2017
Kategori Siaran Pers
Area-area tertentu yang menjadi titik berkumpulnya arus mudik disiapkan Satgas Mudik yang siap serta peningkatan kapasitas. Untuk jalur tol darurat atau fungsional, operator seluler memenuhi coverare 60 sd 70 persen, dengan penambahan kapasitas dan satuan tugas di pintu keluar tol darurat. Menteri Kominfo menanyakan apakah ada hal baru potensi masalah atau kejadian di lapangan dan juga apa ada hal baru yang dibutuhkan oleh operator telekomunikasi kepada Kementerian Kominfo untuk mendukung peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Dari hasil pengecekan ke NOC tersebut, didapat kondisi bahwa dalam industri telekomunikasi saat ini yang terjadi trafik suara (voice) dan sms cenderung menurun, sementara trafik dan kapasitas data yang justru naik tajam. Kebutuhan data selama menjelang lebaran ini naik 20 Persen. Pengguna layanan telekomunikasi di wilayah tujuan mudik menjadi naik signifikan. Operator telekomunikasi telah memiliki sistem monitoring dan kendali sampai ke tingkat BTS. Juga apa yang menjadi keluhan pengguna dapat dipantau melalui sistem monitoring. “Perlu diketahui bahwa kenaikan data di musim lebaran ini tidak hanya pada saat lebaran namun sudah menjadi tren dari pengguna telekomunikasi saat ini. Layanan data lebih menjadi konsumsi bagi pelanggan dengan meningkatnya dan bertambahnya keragaman layanan aplikasi utamanya layanan streaming. Dari kapasitas terpasang yang dimiliki oleh Operator Telekomunikasi, tingkat kebutuhan pengguna jauh lebih cepat mendekati kapasitas terpasangnya. Hal ini tidak hanya di layanan bergerak seluler akan tetapi juga layanan bradband berbasis kabel.” Tandas Rudiantara.
Baca Lebih Lanjut

21 06-2017

51
Pelayanan Prima Kementerian Kominfo Resmi Berjalan
SIARAN PERS NO. 74/HM/KOMINFO/06/2017
Kategori Siaran Pers
Dalam rapat terbatas pada Selasa, 20 Juni 2017, di Kantor Presiden, Jakarta, Kepala Negara menekankan pemanfaatan teknologi informasi melalui penerapan pemerintah-el (e-government). Karena di era teknologi informasi yang pesat ini, kecepatan merupakan suatu hal yang sangat penting. "Jangan sampai kita jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain dalam pelayanan publik dan administrasi kepada warga," ujar Presiden Joko Widodo.
Baca Lebih Lanjut

19 06-2017

102
Kesiapan Layanan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam Mudik Lebaran 2017
SIARAN PERS NO. 73/HM/KOMINFO/06/2017
Kategori Siaran Pers
Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Operator Telekomunikasi (Telkom, Telkomsel, Indosat, XL, Hutchison 3 Indonesia (Tri), Smartfren, Smart Telecom dan Sampoerna Telekom Indonesia), Lembaga Penyiaran, dan stakeholder terkait lainnya menyatakan layanan Kominfo terkait jaringan telekomunikasi, penyiaran, dan aplikasi "Ayo Mudik" siap untuk mengatasi peningkatan dan pergerakan trafik saat mudik lebaran dan arus balik lebaran 2017 termasuk kesiapan Pos dan dukungan kompomen masyarakat terkait seperti ORARI dan RAPI.
Baca Lebih Lanjut

15 06-2017

193
Peluncuran "Aplikasi Ayo Mudik" sebagai Aplikasi Mudik Terpadu Pertama bagi Masyarakat Luas
SIARAN PERS NO. 72/HM/KOMINFO/06/2017
Kategori Siaran Pers
Saatnya Mudik Lebaran 2017 telah tiba. Berbagai program Pemerintah gencar digalakkan untuk mendukung mudik lebaran ini mulai dari ketersediaan infrastruktur fisik jalan raya dan jalan tol, penyeberangan, kesiapan bandara dan terminal, kesiapan jaringan telekomunikasi dan lain-lain termasuk daya dukung seperti kebutuhan bahan bakar, peredaran uang, serta dukungan layanan lainnya termasuk layanan telekomunikasinya.
Baca Lebih Lanjut

15 06-2017

165
Proses Transformasi Digital Indonesia Menuju Visi Ekonomi Digital Indonesia 2020 pada World Summit on the Information Society Forum 2017
SIARAN PERS NO. 71/HM/KOMINFO/06/2017
Kategori Siaran Pers
World Summit on the Information Society Forum 2017 (WSIS Forum 2017) yang digelar pada tanggal 12-16 Juni 2017 di Jenewa menjadi pertemuan tahunan multistakeholder TIK yang di diselenggarakan bersama oleh International Telecommunication Union (ITU), United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), United Nations Development Programme (UNDP) and United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD).
Baca Lebih Lanjut