FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
17 07-2017

788

Tekad Pemerintah Hubungkan Sekolah dengan Internet Kecepatan Tinggi

Kategori Berita Kementerian | mth

Toraja Utara, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta anak didik dan guru untuk betul-betul memanfaatkan internet sebagai akses untuk memperoleh ilmu, pengetahuan, dan informasi.  "Pemerintah bertekad  untuk menghubungkan semua sekolah dasar dan menengah pada tahun 2021 melalui internet kecepatan tinggi, baik melalui solusi teresterial maupun nonteresterial ke seluruh Indonesia," katanya dalam Peresmian Akses Internet di Toraja Utara, Sulawesi toSelatan, Senin (17/072017).
Menteri Kominfo menekankan semua upaya itu merupakan langkah awal yang sangat penting menuju Indonesia yang semakin baik. "Pemerintah bersungguh-sungguh memastikan bahwa konten internet yang tersedia bersifat positif antara lain dengan membangun sistem whitelist agar seluruh konten mengarah pada jaringan dan situs-situs yang positif," tegasnya.
Menurut Menteri Rudiantara, Tahun 2030 merupakan era penting karena Indonesia akan menikmati bonus demografi. Selain itu diprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun tersebut akan meningkat 2,5 kali lebih tinggi.   "Mempersiapkan masa tersebut pemerintah memfokuskan pada pengembangan SDM melalui pendidikan, antara lain melalui alokasi 20% APBN untuk pendidikan," tambahnya.
Menteri Kominfo yang berinteraksi langsung dengan siswa SMP yang sedang memanfaatkan internet dalam proses belajar mengajar juga berkomunikasi dengan Kepala Sekolah SMP Rama Toraja Utara melalui saluran streaming memanfaatkan bandwith yang telah disediakan oleh Kementerian Kominfo.
Kepala SMP 1 Sanggalangi Toraja Utara, salah satu penerima program akses internet dari total 20 lokasi di Toraja menyampaikan program itu ini bermanfaat baik bagi proses pendidikan maupun manajemen pengelolaan sekolah.  "Dengan ketersediaan akses internet, SMP tersebut mengharapkan dapat mengikuti ujian nasional berbasis komputer, walaupun baru 10% sekolah yang bisa menikmati fasilitas tersebut," tegasnya.
Sementara itu, Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan menyebut kehadiran akses internet ini mampu mendorong kawasan yang dipimpinnya sejajar dengan pemerintah kabupaten lainnya.  "Akses internet yang disediakan Kemkominfo merupakan pengobat keterisoliran kami dari kemajuan yang telah lebih dahulu dinikmati di kota," tegasnya.
Acara peresmian akses internet yang difasilitasi oleh Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika itu juga dihadiri  Bupati Tana Toraja, Kapolres, Dandim, Ketua DPRD, Direksi PT Telkom.  (IFM/R)

Berita Terkait

Menkominfo Tawarkan Kolaborasi Kreator Konten Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak kreator konten untuk berkolaborasi mengisi dunia digital dengan konten positif. "Di d Selengkapnya

Penyiaran Sehat dan Berkualitas, Jaga Keutuhan NKRI

Menjaga Keutuhan NKRI melalui Dunia Penyiaran yang Sehat dan Berkualitas menjadi tema utama Rapat Koordinasi Nasional Tahun 2018 Komisi Peny Selengkapnya

Terapkan Keberpihakan, Pemerintah Dorong OTT Lokal Berkembang

“Kita bicara regulasi OTT yang berkeadilan, kita tuntut orang, kita sendiri bagaimana? Siapa yang pakai WhatsApp? Siapa yang pakai messeng Selengkapnya

Kominfo Prioritaskan Perlindungan Data Pribadi

Menteri Kominfo Rudiantara mengungkapkan saat ini aturan perlindungan data pribadi masih dalam bentuk Rancangan Undang-Undang, namun pengatu Selengkapnya