FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 08-2017

    5606

    Blokir 6.000 Situs Hoax, Kemkominfo: Penyebaran Paling Tinggi di Januari

    Kategori Sorotan Media | Nur Islami
    Ilustrasi HOAX

    JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengaku sudah memblokir hampir 6.000 situs yang menyebar ujaran kebencian dan berita hoax. Hal tersebut sudah dilakukan sejak bulan Januari hingga Juli. Pihak Kemkominfo menyebut penyebaran hoax paling tinggi pada bulan Januari kemarin.

    "Kalau dilihat grafisnya, penyebaran ujaran kebencian, fitnah dan hoax paling tinggi pada Januari kemarin," ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan, Sabtu (26/8).

    Penyebaran berita hoax tersebut mulai menurun dari bulan Februari hingga April, namun kembali meningkat pada bulan bulan Mei.

    "Meningkat atau menyusutnya penyebaran konten tersebut tergantung dari isu yang tengah berkembang di masyarakat," katanya.

    "Pemblokiran tersebut dilakukan setelah ada laporan dari masyarakat. Setelah itu kami konsultasikan untuk kemudian kami lakukan cyber patroli," lanjutnya.

    Menurutnya, para pengguna internet cenderung menyukai konten yang berbau negatif tersebut.

    "Harapannya makin banyak orang mengekspresikan dirinya secara bijak bahwa waktu kita berekspresi ada hak orang lain juga yang kita harus hargai juga dan makin banyak orang memproduksi konten konten positif di sosmed," pungkasnya.

    Sumber : http://www.jitunews.com/read/64949/blokir-6-000-situs-hoax-kemkominfo-penyebaran-paling-tinggi-di-januari

    Berita Terkait

    Ajak Warganet Meriahkan SNF 2020, Menkominfo: Sebarkan Semangat Positif dan Kreatif

    Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menggelar festival tahunan Siberkreasi Netizen Fair (SNF) 2020. Menteri Komunik Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Optimalkan Ekonomi Maritim, Kominfo Dorong Perluasan Jaringan Internet

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan terus mengembangkan jaringan internet di seluruh wilayah desa untuk mengoptimalka Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA