FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 10-2017

    2604

    Menkominfo: Tokopedia dan Go-Jek Berhasil Implementasikan Bisnis Disruptif

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    "Seperti mengarahkan digitalisasi untuk penguatan dan pemberdayaan UMKM termasuk dengan skema bisnis shared economy. Kemudian mengangkat UMKM di wilayah under-served juga dengan model bisnis yang disruptif, namun tentu dengan penyediaan konektifitas yang mumpuni. Untuk menjelaskan hal itu saya jelaskan yang telah berhasil meningkatkan perekonomian bangsa yaitu Tokopedia dan Go-Jek," urai Rudiantara, di Busan, belum lama ini.

    Tokopedia telah mampu menampung lebih dari dua juta merchant yang tersebar di lebih dari 5.600 kecamatan di seluruh Indonesia yang 80%, di antaranya merupakan UMKM baru. Sedangkan Go-Jek telah mampu menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan sebagai driver Go-Jek dan pendapatan bagi UMKM kebanyakan. Go-Jek juga telah mengubah gaya hidup masyarakat dengan sistem ridehailing, lebih jauh memungkinkan pemerataan pendapatan bagi masyarakat.

    “Kedua startup dinilai telah berhasil mengimplementasikan model bisnis disruptif yang mampu memberikan peluang bisnis dan lapangan pekerjaan,” tegas Rudiantara.

    Kemudian Rudiantara menjelaskan yang terpenting bukan meniru apa yang terjadi di Indonesia tetapi yang terpenting agar melalui adaptasi model bisnis digital ekonomi secara cepat dengan memberi ruang shared economy, workforce digitalization (digitalisasi angkatan kerja), dan financial inclusion (inklusi keuangan).

    "Hal ini sudah saya sampaikan ketika Digital Miniterial Meeting G20 di Jerman bulan April 2017 lalu dan hal ini merupakan usulan dan pandangan Indonesia yang diadopsi dalam deklarasi G20," ucap Rudiantara.

    Rudiantara mengimbuhkan agar menerapkan jalur cepat (fast-track) dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi untuk wilayah under-served dengan USO funds (dana kewajiban pelayanan universal) yang juga diikuti dengan leapfrog jutaan UMKM di wilayah tersebut dengan model ekonomi dan komersial baru yg mengadopsi model bisnis digital yang bersifat disruptif.

    Sumber: https://www.wartaekonomi.co.id/read155944/menkominfo-tokopedia-dan-gojek-berhasil-implementasikan-bisnis-disruptif.html

    Berita Terkait

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Kominfo Uji Coba Penyampaian Informasi Kebencanaan Lewat SMS Blast

    Direktorat Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mi Selengkapnya

    Menkominfo: Informasi Vaksin Covid akan Disampaikan Akurat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, informasi terkait kedatangan vaksin akan disampaikan kepada masyarakat secara Selengkapnya

    IBM dan Kemenkominfo Persiapkan Talenta Digital

    IBM, perusahaan teknologi global, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk meningkatkan keterampilan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA