FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 10-2017

    1448

    Kominfo pastikan frekuensi yang dilelang tak bermasalah

    Kategori Sorotan Media | Evita Devega

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan frekuensi 2.1 GHz dan 2.3 GHz yang akan dilelang pemerintah bebas dari sengketa hukum. “Operator yang memenangkan tender juga takkan akan bersengketa dengan frekuensi apapun,” ujar Rudiantara, kemarin.

    PLT Kepala Humas Kominfo Noor Iza memastikan bahwa Kominfo sudah mengirimkan surat kepada Ombudsman Republik Indonesia, dan PT Corbec Communication (Corbec) terkait rencana lelang frekuensi 2.300 MHz.  Selain itu Kominfo juga telah berdiskusi dengan Mahkamah Agung (MA) terkait rencana pemerintah untuk melakukan lelang frekuensi 2.300 MHz.

    Pengamat hukum dari Universitas Trisakti Asep Iwan Irawan mengatakan, semua pihak harus menghormati putusan yang telah dibuat oleh lembaga peradilan dan Mahkamah Agung.

    Guru Besar Tetap Hukum Administrasi Negara Universitas Indonesia Prof. Dr.Anna Erliyana,S.H.,M.H. mengingatkan siapapun termasuk Kominfo harus menjalankan putusan lembaga peradilan. Terlebih lagi putusan tersebut sudah memiliki kekuatan hukum tetap dan harus dijalankan oleh Kominfo.

    Sekjen Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia-ITB (PIKERTI-ITB) M Ridwan Effendi menjelaskan pengalokasian dan penataan frekuensi diserahkan sepenuhnya kepada Kominfo. Menggembalikan izin Corbec di 3,3 Ghz dengan cakupan wilayah Jawa Barat dan Jabodetabek dinilai Ridwan sudah sesuai dengan perundang-undangan yang ada.

    “Sebab pengalokasian dan pengaturan frekuensi semua merupakan kewenangan Kominfo sesuai dengan UU Telekomunikasi,”papar Ridwan.

    Ketua Forum 5G Indonesia Sigit P.W Jarot mengharapkan dalam menggelar tambahan frekuensi bagi operator seluler Kominfo lebih baik menonjolkan beauty contest ketimbang lelang yang sekadar mempertimbangkan penawaran tertinggi. 

    "Untuk industri seluler yang sudah sangat ketat persaingannya, dan spektrum sudah relatif berimbang, lebih baik pakai beauty contest untuk melihat mana yang paling butuh tambahan frekuensi," sarannya.(dn)

    Sumber: http://www.indotelko.com/kanal?c=id&it=kominfo-tak-bermasalah

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA