FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 11-2017

    1005

    8 Juta UMKM Ditargetkan "Go Online" pada 2019

    Kategori Sorotan Media | Winda Ferrissa
    Ilustrasi(Thinkstockphotos)

    Pemerintah mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ( UMKM) untuk terhubung ke jaringan internet, atau diistilahkan "go online".

    Menurut Menkominfo Rudiantara, sekitar 3,97 juta UMKM sudah go online saat ini. Namun angka itu masih terhitung sedikit dibandingkan dengan total UMKM di Indonesia yang mencapai 59,2 juta.

    "Sebagai awal, kami targetkan 8 juta UMKM go online pada 2019 nanti," Rudiantara berujar.

    Menurut Rudiantara, inisiasi ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo. "Presiden Jokowi menyampaikan ekonomi digital harus fokus ke UMKM. Ini juga untuk menurunkan kesenjangan dan mewujudkan economy-sharing," kata Rudiantara, Rabu (15/11/2017), di sela-sela konferensi pers di Hotel Santika Premier, Jakarta.

    Dalam hal ini, diperlukan kerja sama yang solid antar lembaga negara dan platform e-commerce, mulai dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop).

    Tak hanya itu saja, layanan semacam Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dkk, yang menjadi wadah bagi para pebisnis online untuk berjualan juga diharapkan keterlibatannya.

    Infrastruktur dan standardisasi

    Demi mewujudkan target di atas, Kominfo menggenjot infrastruktur jaringan internet hingga ke pelosok, melalui proyek Palapa Ring yang tengah digarap. Per 2020 nanti, semua kabupaten/kota di Indonesia dijanjikan terhubung internet berkecepatan tinggi alias broadband.

    "Kami dukung dari infrastruktur, jaringan internet hingga ke pelosok. Jadi UMKM yang di daerah semuanya bisa go online dan menyasar pasar yang lebih luas," ia menuturkan.

    Selain itu, Kominfo punya anggaran khusus untuk menyediakan hosting dan domain gratis selama setahun bagi UMKM yang ingin go online. Saat ini sudah ada 39.000 UMKM yang menikmati program dari Kominfo tersebut.

    Di sisi lain, Kemenkop mengambil peran untuk standardisasi UMKM yang hendak go online. Menurut Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop, I Wayan Dipta, UMKM perlu dipersiapkan agar lebih matang dengan model bisnis jaringan maya.

    "Kami mulai membenahi UMKM dengan memberikan pelatihan dan sertifikasi ke daerah-daerah. Tujuannya ketika mereka memasarkan produk mereka secara online, sudah oke dan nggak dikeluhkan pembeli," ia menjelaskan pada kesempatan yang sama.

    Sejauh ini tak kurang dari 2.025 UMKM telah mengikuti standardisasi dari Kemenkop untuk go online. Tahun depan, ditargetkan 2.500 UMKM, dan hingga 2019 diproyeksi mencapai 50.000 UMKM.

    "Standardisasi itu juga mencakup pengukuhan hak cipta bagi UMKM. Kami juga membuka akses bagi UMKM ke sumber-sumber pembiayaan, salah satunya lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR)," I Wayan Dipta menambahkan.

    Perwakilan dari Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Blanja.com, dan Shopee hadir pula dalam konferensi pers yang digelar Kominfo.

    Masing-masing berkomitmen untuk mendukung UMKM go online. Ada beberapa cara yang sudah dilakukan, misalnya dengan roadshow ke daerah-daerah untuk edukasi dan mengadakan lomba untuk usaha digital.

    Penulis: Fatimah Kartini Bohang
    Editor: Reska K. Nistanto

    Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2017/11/15/13555087/8-juta-umkm-ditargetkan-go-online-pada-2019

    Berita Terkait

    Pedagang Pasar Dan UMKM Di Balikpapan Diajak "go online"

    Pedagang pasar dan pelaku UMKM di Balikpapan, Kalimantan Timur, diajak go online untuk masuk ke marketplace dan memasarkan produk di dalamny Selengkapnya

    Pemerintah Komitmen Indonesia Bebas Sinyal Pada 2020

    tilah susah sinyal yang mirip sebuah judul film kerap menjadi kelakar warga NTT yang merupakan sindiran halus terhadap sulitnya berkomunika Selengkapnya

    Masuki Industri 4.0, Kominfo Targetkan 20 Ribu Digital Talent di 2019

    AKURAT.CO Minimnya talenta digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) lanjutkan program sertifikasi 'Digital Tal Selengkapnya

    Kominfo Targetkan 500 Pasar Tradisional Jualan Online di 2019

    Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menargetkan 500 pasar tradisional bisa berjualan secara daring Selengkapnya