FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 11-2017

    1483

    Lawan informasi negatif soal Papua, pemerintah canangkan operasi opini

    Kategori Sorotan Media | Ayu Yuliani
    Wiranto konpers terkait polemik senjata. ©2017 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

    Pemerintah akan melakukan operasi opini menanggapi isu penyanderaan di Tembagapura, Papua. Hal itu dilakukan sebagai bentuk perlawanan atas informasi atau kabar negatif yang menyudutkan pemerintahan Indonesia.

    Hal itu disampaikan Menko Polhukam Wiranto usai rapat terbatas bersama Kapolri, Kepala BNPT, Menkominfo, TNI, Menhub di gedung Kemenkopolhukam, Senin (20/11).

    "Kita juga akan melakukan suatu operasi opini, pelurusan opini. Dari kejadian ini banyak sekali opini dan spekulasi masyarakat yang muncul dari medsos. Oleh karena itu tadi Menkominfo juga hadir disini, berikan satu tugas untuk memelopori bagaimana kita meluruskan opini-opini negatif, baik dari dalam maupun luar negeri," ujar Wiranto.

    "Banyak sekali opini salah, opini tidak objektif, opini yang negatif dan membangun kebencian," imbuhnya.

    Wiranto mengungkap banyak muncul tuduhan tidak benar bahwa pasukan pengamanan melakukan tindakan brutal. Karena itu perlu ada pelurusan opini supaya tidak berkembang yang menyesatkan di masyarakat.

    "Sehingga jangan sampai ada tuduhan yang biasa kita hadapi bahwa ada kita bersewenang-wenang aparat keamanan. Justru kita melindungi warga negara yang tersandera oleh tadi, kelompok kriminal separatis bersenjata," kata dia.

    Adapun cara dari pemerintah adalah dengan pemberitaan baik mengenai papua yang kerap dilakukan pemerintah. Seperti pembangunan-pembangunan yang dilakukan Presiden Joko Widodo untuk penyamaan akses masyarakat Indonesia. Misalnya pembangunan infrastruktur dan penyamaan harga pokok.

    Hal itu diamini Menkominfo Rudiantara. Menurutnya cara melakukan operasi opini adalah dengan menyeimbangkan pemberitaan bukan dengan filtering. Karena itu ia juga meminta pihak media untuk melakukan pemberitaan berimbang soal pembangunan papua, tidak melulu konflik.

    "Saya minta teman media beritakan berimbang keberhasilan papua," tandasnya. [bal]

    Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/lawan-informasi-negatif-soal-papua-pemerintah-canangkan-operasi-opini.html

    Berita Terkait

    Targetkan Transformasi Digital dalam 3Tahun,Kominfo Gagas 5 Langkah

    Pandemi Covid-19 membuat transformasi digital menjadi keharusan. Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, Pemerintah bahkan berkomitmen memper Selengkapnya

    Migrasi TV analog ke digital, pemerintah akan berikan bantuan alat

    Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membagikan alat khusus yang akan memungkinkan untuk migrasi televis Selengkapnya

    Menkominfo: Keterbukaan informasi jadi modal pemerintahan digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan keterbukaan informasi publik menjadi modal untuk mewujudkan pemerintahan digit Selengkapnya

    Percepat Transformasi Digital di Tengah Pandemi, Ini yang Dilakukan Kemkominfo

    Pemerintah mendorong adanya adaptasi kehidupan baru yang mengakselarasi transformasi digital di tengah pandemi Covid-19. Direktorat Jenderal Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA