FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 12-2017

    1136

    Registrasi SIM Card Buat Operator Bisa Hemat hingga Rp2 Triliun, Benarkah?

    Kategori Sorotan Media | Steffani Dina
    Menkominfo Rudiantara (Foto: Lely Maulida/okezone)

    JAKARTA - Kebijakan registrasi kartu prabayar yang disahkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dalam praktiknya telah berlangsung sejak Oktober 2017. Kebijakan ini bertujuan untuk memvalidasi data pelanggan operator seluler Tanah Air serta meminimalisir penyalahgunaan SIM card.

    Selain itu, registrasi SIM card juga dinilai akan menguntungkan operator bahkan membuat industri lebih efisien. Sebagaimana diketahui, banyak masyarakat yang kerap berganti SIM card hanya untuk penggunaan yang tidak lama. Alhasil mereka hanya menjadi pelanggan sementara, padahal operator memgemas produknya dengan biaya yang sama.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, registrasi SIM card akan membuat industri menjadi efisien seperti berkurangnya biaya untuk SIM card. "Ratusan juta SIM card dibeli, dipromosikan tapi nggak jadi pelanggan," kata Rudiantara di Jakarta, Senin (11/12/2017).

    Menurutnya, dana yang dialokasikan untuk SIM card tersebut bisa direalokasikan untuk kebutuhan lain yang menguntungkan baik bagi operator maupun pelanggan.

    "Misalnya industri beli 500 juta (SIM card), yang jadi pelanggan berapa? Kalau dia saving 300 juta SIM card x USD0,5 jadi USD150 juta atau sama dengan Rp2 triliun. Itu minimal, lebih baik dibagi sebagian untuk pelanggan, terserah dalam bentuk pengurangan harga atau apa, sebagian untuk improve Ebitda operator," papar menteri yang akrab disapa Chief RA itu.

    Diakui Chief RA, kebiasaan berganti SIM card memang sudah menjadi karakteristik masyarakat di Indonesia. Oleh karenanya, Chief RA menyarankan baik pelanggan maupun operator untuk menahan diri. "Dua-duanya harus bisa nahan. Harus ada perubahan lanskap dari tatanan industri sendiri, cari yang efisien terus," ujarnya. (lnm)

    Sumber: https://techno.okezone.com/read/2017/12/11/207/1828636/registrasi-sim-card-buat-operator-bisa-hemat-hingga-rp2-triliun-benarkah

    Berita Terkait

    Kemenkominfo Pantau Jaringan Operator Seluler Saat Natal Dan Tahun Baru

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah berkoordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan di t Selengkapnya

    Kaum Muda Harus Bisa Membuka Usaha Rintisan

    Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian Maritim atau IKPM Kementerian Kominfo Septriana Tangkary mengatakan anak muda masa kini harus Selengkapnya

    Rudiantara: Semua Operator Seluler Idealnya Buka Jaringan di Rute MRT Jakarta

    Selengkapnya

    Kominfo Perketat Aturan Seluler, Operator Wajib Hanguskan Nomor Liar

    SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Masih banyaknya SMS dan telepon spam atau sampah, mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meny Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA