FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 12-2017

    1375

    Menkominfo dan Menpar Akan Kaji Keberadaan Airbnb

    Kategori Sorotan Media | Ayu Yuliani

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengaku masih berdiskusi dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya, terkait permintaan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk menutup Airbnb, sebuah Online Travel Agent (OTA) yang beroperasi di Indonesia.

    Adapun alasan PHRI meminta Airbnb ditutup yakni karena Airbnb merugikan pengusaha hotel budget atau hotel kelas bintang 2 dengan tarif yang relatif murah. Rata-rata harga sewa kamar hotel budget di kisaran Rp 300.000-Rp 700.000/malam.

    “Saya tidak bisa menutup, banyak pihak yang harus diajak berbicara. Ini sedang saya diskusikan dengan Menteri Pariwisata,” kata Rudiantara saat ditemui di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (12/12).

    Saat disinggung mengenai apakah pembicaraan tersebut untuk menentukan pemblokiran Airbnb, Rudiantara belum bisa membeberkan. Pun terkait batas waktu pembicaraan dengan Menteri Pariwisata, dia juga tidak bisa menentukan.

    Menurut Rudiantara, berdasarkan kajian Kemenkominfo, situs Airbnb malah banyak memberi keuntungan bagi pemilik kamar ‘nganggur’. Hal tersebut begitu bermanfaat ketika pemilik kamar itu tidak memiliki pekerjaan.

    “Tapi pemerintah tentu memikirkan solusi yang terbaik. Aplikasi itu kan memberi efisiensi, dan masyarakat mau,” jelas Rudiantara.

    Airbnb adalah sebuah online marketplace bagi orang-orang yang ingin menyewa dan menyewakan kamar pribadi, apartemen atau pun rumahnya. Biasanya, orang-orang menyewakan rumahnya secara harian seperti kamar hotel.

    Sumber: https://kumparan.com/@kumparanbisnis/menkominfo-dan-menpar-akan-kaji-keberadaan-airbnb

    Berita Terkait

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Kominfo Uji Coba Penyampaian Informasi Kebencanaan Lewat SMS Blast

    Direktorat Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mi Selengkapnya

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA