FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 12-2017

    1380

    Tingkatkan Performa, Permudah Layanan Publik di Hari Antikorupsi Sedunia

    Kategori Berita Kementerian | ivon001

    Jakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika bergerak maju selaras dengan kerja keras Presiden Joko Widodo mendorong transparansi demi layanan publik yang berkualitas. Sesuai arahan Presiden dalam Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia dan Peresmian Pembukaan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi ke-12, Kementerian Kominfo meningkatkan performa untuk implementasi reformasi birokrasi secara menyeluruh.

    Dalam mencegah peluang terjadinya korupsi dan dampak dekstruktifnya terhadap kebutuhan masyarakat,  Kementerian Kominfo mewujudkannya dengan digitalisasi dan penyederhanaan prosedur. Kini, masyarakat bisa menikmati kecepatan dan kemudahan yang lebih dari dari layanan publik berikut:

    No

    Jenis Pelayanan Publik

    Poin Pelayanan

    Keunggulan

    1

    Layanan Pengadaan Barang/Jasa Elektronik Kementerian Kominfo

    Web site: lpse.kominfo.go.id

    ·   Mengurangi potensi terjadinya curang-mencurangi di antara vendor

    ·   Kerahasiaan dokumen peserta tender terjamin

    2

    Jurnal Database Ilmu Hukum

    Web site: jdih.kominfo.go.id

    Mencari produk hukum bidang komunikasi dan informatika, termasuk Instruksi Menteri dan Surat Edaran lebih mudah dan cepat.

    Kondisi sebelum perbaikan: Pengguna layanan hanya bisa mendapat dokumen yang dibutuhkan pada waktu dan tempat tertentu.

    3

    Kanal LAPOR! untuk Pengaduan Masyarakat Sektor Komunikasi dan Informatika

    Web site: lapor.go.id

    Email: humas@mail.kominfo.go.id atau ivan005@kominfo.go.id

    ·  Penyampaian tindak lanjut lebih mudah dan cepat dengan multikanal.

    ·  Proses tindak lanjut aduan dapat diketahui secara transparan.

    ·  Kerahasiaan pelapor terjamin.

    Kondisi sebelum perbaikan: Aduan terhadap layanan pemerintahan

    4

    e-Licensing Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio

    Web site:

    o  eLicensing Spektrum Frekuensi Radio http://www.ditfrek.postel.go.id

    o  Sertifikasi REOR http://reor.postel.go.id

    Email: pengaduan@postel.go.id

    Telepon : 021 – 30003100

    Faksimili : 021 – 3455706

    Lokasi: lantai 11 Gedung Menara Merdeka, Jl. Budi Kemuliaan I No. 2 Jakarta Pusat

    ·   Sertifikasi melalui pengujian maksimal selesai dalam 23 hari

    ·   Sertifikasi melalui uji dokumen selesai dalam 7 hari

    ·   Sertifikasi melalui SDoC selesai dalam kurang dari 2 hari

     

    5

    Sertifikasi Alat dan Perangkat Telekomunikasi

     

    Web site: https://sertifikasi.postel.go.id/

    Email: pengaduan@postel.go.id

    Telepon: 021 – 30003100

    Faksimili: 021 – 3862875

    Lokasi: lantai 11 Gedung Menara Merdeka, Jl. Budi Kemuliaan I No. 2 Jakarta Pusat

    Data sertfikat tercatat di Indonesia National Single Window di saat yang bersamaan dengan pemohon menerima sertifikat.

    6

    Pengujian Perangkat Telekomunikasi

    Web site: http://sip2tel.postel.go.id/

    Telepon: 021-86615492-95

    Faksimili: 021-86611068

    Lokasi: Jl. Bintara Raya No. 17 Bekasi Barat

    ·   Hasil pengukuran pengujian dapat dipertanggung jawabkan yang dibuktikan dengan laboratorium pengujian telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN)

    ·   Laporan Hasil Uji (LHU) dijamin kerahasiaannya

    7

    Perizinan Penyelenggaraan Jaringan dan Jasa Telekomunikasi

    Web site: pelayananprimaditjenppi.go.id

    Telepon: 021-159

    Email: izinppi@pelayananprimaditjenppi.go.id

    Lokasi: Ruang Pelayanan Prima Ditjen PPI, lantai I Gedung Utama kantor Kementerian Kominfo

    Izin baru/ perpanjangan izin dalam 1 hari kerja, dari sebelumnya 14 hari kerja

    8

    Uji Laik Operasi Telekomunikasi

    Web site: pelayananprimaditjenppi.go.id

    Telepon: 021-159

    Email: izinppi@pelayananprimaditjenppi.go.id

    Lokasi: Ruang Pelayanan Prima Ditjen PPI, lantai I Gedung Utama kantor Kementerian Kominfo

    Izin baru/ perpanjangan izin dalam 14 hari kerja, dari sebelumnya 30 sampai 56 hari kerja

    9

    Perizinan Penyelenggaraan Pos

    Web site: pelayananprimaditjenppi.go.id

    Telepon: 021-159

    Email: Email: izinppi@pelayananprimaditjenppi.go.id

    Lokasi: Ruang Pelayanan Prima Ditjen PPI, lantai I Gedung Utama kantor Kementerian Kominfo

    Izin baru/ perpanjangan izin selesai dalam 1 hari kerja, dari sebelumnya 5 sampai 10 hari kerja

    10

    Perizinan Penyelenggaraan Penyiaran

    Web site: https://e-penyiaran.kominfo.go.id

    Telepon & Faksimili: 021-159

    Email: izinppi@pelayananprimaditjenppi.go.id

    Lokasi: Ruang Pelayanan Prima Ditjen PPI, lantai I Gedung Utama kantor Kementerian Kominfo

    ·   Pemohon dapat mengetahui langsung status permohonan, mengurangi potensi terjadinya suap

    ·   Pemohon dapat mengetahui biaya izin secara tepat

     

     

    11

    Pelayanan Informasi tentang Program dan Capaian Pemerintah Pusat dan Daerah

    Web site:

    o  Program dan capaian pemerintah pusat: jpp.go.id

    o  Program dan capaian pemerintah daerah: infopublik.id

    Publik dapat mengetahui informasi terkini seputar kegiatan dan kebijakan kementerian dan lembaga pemerintah secara lengkap lebih mudah

     

    Melalui integrasi dan digitalisasi pada layanan-layanan tersebut Kemkominfo mencegah peluang terjadinya korupsi. Layanan terintegrasi yang ada saat ini sudah memayungi 14 layanan milik Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, yang mana salah satunya adalah pendaftaran Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE).

    Pada Kamis (07/12/2017), Kementerian Kominfo dan iDEA, asosiasi yang beranggotakan berbagai pelaku usaha di industri e-commerce meresmikan interoperabilitas sistem PSTE. Meski begitu, tak lama lagi publik dapat mengakses seluruh layanan publik di bawah pengelolaan Kementerian Kominfo, cukup dari sebuah situs web dengan tingkat keamanan yang terukur.

    Kemudahan yang akan didapat pengguna layanan publik Kementerian Kominfo lengkap integrasi SiVion. Kementerian Kominfo terus menambah jumlah layanan publiknya yang terintegrasi dengan tanda tangan digital. Sejak tahun 2016 publik pun didorong untuk membuat tanda tangan digital mereka via https://rakominfo.rootca.or.id.

    Visi Kementerian Kominfo untuk menjadikan transparansi lebih dari sekedar slogan juga diwujudkan dengan mendorong transparansi. Jika layanan terintegrasi ini dinilai tidak mampu memenuhi kebutuhan pengguna, mereka dapat memberikan rating penilaian, atau menyampaikan komplain langsung kepada helpdesk. (*AN)

    Berita Terkait

    Bisnis IoT Tingkatkan Kualitas Layanan Masyarakat dan Buka Peluang Kerja

    Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menyebutkan bisnis Internet of Things (IoT) akan meningkatkan kualitas layanan telekomun Selengkapnya

    Kominfo dan Kemenhub Tingkatkan Kerja Sama Layanan Publik Frekuensi Radio

    Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen SDPPI Kominfo) bersama den Selengkapnya

    Dirjen IKP Ajak Tingkatkan Integritas dan Kerja Jadi Superteam

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo mengajak seluruh pegawai di lingkun Selengkapnya

    Sosialisasikan Program Pemerintah, Kominfo Siapkan Media Khusus

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo mengungkapkan jika Kementerian Komi Selengkapnya