FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 01-2018

    1642

    Pemerintah perlu berikan insentif di pembangunan jaringan telekomunikasi

    Kategori Sorotan Media | Winda Ferrissa

    JAKARTA (IndoTelko) – Pemerintah disarankan memberikan insentif bagi operator dalam membangun jaringan agar penetrasi layanan telekomunikasi kian tersebar di seluruh Indonesia.

    “Penggelaran jaringan sampai dengan saat ini tidak mudah khususnya soal perijinan, perlu ada peraturan pemerintah yang bs dipedomani oleh semua pihak. Menurut kami hal ini sudah sangat mendesak,” ungkap Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Nasional Telekomunikasi (Apnatel) Triana Mulyatsa, belum lama ini.

    Dikatakannya, kehadiran jaringan telekomunikasi bisa memberikan multiplier effect yang baik dan diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih besar.

    “Kami dari Apnatel sangat mendukung percepatan penggelaran jaringan khususnya fiber optic dan kami berharap banyak kontraktor, suplier dan pabrikan dalam negeri dpt menikmati "kue" yang besar, hal ini perlu juga ada "keberpihakan" atau perhatian dari para operator telekomunikasi,” pungkasnya.

    Sebelumnya, Apnatel mencatat, belanja modal telekomunikasi di Indonesia tidak kurang dari Rp 20 triliun hingga Rp 25 triliun per tahun, namun hanya dinikmati sedikit oleh pengusaha lokal.

    Menkominfo Rudiantara mengaku pemerintah sudah menunjukkan keberpihakan kepada barang dalam negeri dimana adanya aturan soal Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). "Lihat proyek Palapa Ring yang paket timur, itu kan kita paksakan ada TKDN, banyak yang protes tetapi jalan juga kan," katanya.

     

    Rudiantara mengaku jika berkaitan dengan permintaan Apnatel untuk mendapatkan porsi pekerjaan lebih banyak tergantung kepada kesepakatan business to business (B2B) dengan operator.(wn)

    Sumber : http://www.indotelko.com/kanal?c=in&it=pemerintah-insentif

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    Lewat Dayamaya Pemerintah Geber Potensi Ekonomi Daerah 3T Secara Digital

    Pemerintah terus berupaya mengembangkan potensi ekonomi di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) dengan berbagai cara. Salah satu ya Selengkapnya

    Kemenkominfo Pastikan Akses Internet Lancar di Posko Pengungsian Erupsi Gunung Api Ile Lewotolok

    Kemenkominfo melalui Badan Layanan Umum (BLU) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) mengirimkan bantuan pemasangan jaring Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA