FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 03-2018

    2315

    Teknologi Aplikasi Picu Inovasi dan Perluas Akses Pendidikan

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut keberadaaan teknologi akan memicu beragam cara baru untuk menjalankan dan memperluas akses pendidikan.

    “Cara baru dalam menjalankan pendidikan adalah memanfaatkan teknologi. Berbicara tentang pendidikan, banyak sekali aplikasi yang menyediakan konten pendidikan salah satunya adalah Ruangguru yang memberi cara baru dalam kegiatan belajar mengajar,” ungkapnya dalam acara Plenary Talk ICT for Innovative Learning di The Kasablanka Barbados Room, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

    Bagi Menteri Kominfo, kemajuan sebuah negara akan seiring dengan perkembangan sumberdaya manusia.  "Semakin maju sebuah negara maka akan semakin berkembang juga Sumber Daya Manusianya. Salah satu indikator nya adalah Global Human Capital Index dengan kuncinya adalah tingkat pendidikan," ungkapnya.

    Menteri Rudiantara menjelaskan semua aplikasi pasti memerlukan bandwith, oleh karena itu, pemerintah membangun Palapa Ring untuk menyediakan akses jaringan yang tidak dibangun oleh operator telekomunikasi.

    "Dan target nya pada tahun 2019 semua kabupaten yang ada di Indonesia harus sudah punya akses backbone dari broadband. Setelah selesai membangun Palapa Ring, kemudian kita akan membangun untuk mempunyai satelit sendiri," tegasnya.

    Dalam forum yang sama, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menambahkan keberadaan aplikasi pendidikan akan memperluas cakupan pendidikan dan mendorong perubahan.

    “Kalau mengandalkan pendidikan offline, pendidikan ruang kelas tidak akan mencakup seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Tetapi dengan adanya Ruangguru ataupun platform digital lainnya, maka kita bisa membuat perubahan yang signifikan,” tambahnya.

    Acara Learning Innovation Summit 2018 merupakan hasil kerja sama antara Ruangguru dan Pertamina. Kegiatan itu digelar sebagai bentuk ajakan kepada seluruh pihak untuk berkolaborasi dalam memajukan SDM  di Indonesia melalui inovasi-inovasi di dunia pendidikan.

    Tak hanya itu, Learning Innovation Summit 2018  dapat menjadi wadah dialog antara sektor publik dan sektor swasta untuk saling menyampaikan aspirasi, tantangan, pengalaman yang dapat menghasilkan solusi untuk mendorong peningkatan akses dan kualitas pendidikan di Indonesia.

    Dalam acara itu pula, Ruangguru dan Pertamina Corporate University juga mengumumkan kerja sama strategis melalui penandatanganan nota kesempatan untuk pengembangan mobile based corporate learning.

    Kesepahaman itu dilandasi dari keinginan Pertamina menjangkau setiap karyawan di seluruh Indonesia dan berbagai belahan dunia agar mendapatkan akses materi pembelajaran yang sama dengan menggunakan platform Ruangkerja yang dikembangkan oleh Ruangguru. Platform itu dilengkapi dengan fasilitas chat yang memungkinkan tutor dan pekerja melakukan interaksi secara langsung.

    Sebagai salah satu startup teknologi dan pendidikan, Ruangguru telah bekerja sama dengan 32 pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia.

    Ruangguru menawarkan video belajar berlangganan, marketplace les privat, layanan bimbingan belajar on-demand, tryout ujian online, dan lain-lain. Semua aktivitas Ruangguru diarahkan untuk mendorong pemerataan pendidikan yang berkualitas hingga ke pelosok.

    (SINA)

    Berita Terkait

    Transformasi Digital dan Pemerataan Akses Internet Kunci Indonesia Maju 2045

    Konektivitas yang cepat dan merata akan membuka peluang bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi digital untuk meningka Selengkapnya

    Menteri Budi Arie Setiadi Serukan Perang Semesta terhadap Judi Online

    Kominfo telah memutus akses dan/atau menghapus (takedown) sebanyak 60.582 konten perjudian online sepanjang periode 1 hingga 21 September 20 Selengkapnya

    Kominfo Akan Luncurkan Pembaruan e-Penyiaran

    Aplikasi e-Penyiaran akan terintegrasi dengan berbagai layanan seperti Online Single Submission (OSS), Sistem Informasi Manajemen Spektrun ( Selengkapnya

    Situasi Politik dan Keamanan saat Pemilu 2024 Akan Lebih Kondusif

    Lebih baik dari Pemilu 2019 katrena tidak banyak muncul kampanye yang mengusung politik identitas. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA