FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
21 03-2018

765

Program Indonesiabaik.id Kemkominfo Raih Penghargaan Tertinggi PBB

SIARAN PERS NO.78/HM/KOMINFO/03/2018
Kategori Siaran Pers

Siaran Pers No.78/HM/KOMINFO/03/2018

Tanggal 21 Maret 2018

Tentang

Program Indonesiabaik.id Kemkominfo Raih Penghargaan Tertinggi PBB

 

Jenewa, Swiss—Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberikan predikat WINNER kepada Kemkominfo yang telah membuat karya Indonesiabaik.id dan predikat CHAMPION (2nd Best) kepada 11 karya lain terdiri dari karya Kemkominfo dan Karya dari masyarakat dan lembaga lain pada ajang World Summit on the Information Society (WSIS) Forum 2018 yang diselenggarakan oleh International Telecommunication Union (ITU) di Jenewa, Swiss.

Program Kemkominfo bernama Indonesiabaik.id itu diberikan predikat WINNER setelah penilaian dari Tim Expert ITU dan mendapatkan suara terbanyak pada voting ajang World Summit on the Information Society (WSIS) Forum 2018 di Jenewa, Swiss. Program Indonesiabaik.id dinilai sebagai portal kebijakan publik terbaik dalam menangkal informasi palsu atau hoax yang semakin ramai di Indonesia.

Indonesiabaik.id sendiri merupakan program soft campaign government public relation (GPR) yang dilakukan Kemkominfo dibawah naungan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik sejak tahun 2017.  Indonesiabaik.id mulai diperkenalkan pada 6 Juni 2017 oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dengan tujuan sebagai salah satu content creator serta media jejaring konten positif untuk meng-counter hoax di Indonesia.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Rosarita Niken Widiastuti mengatakan predikat WINNER dan CHAMPION yang diberikan PBB merupakan prestasi Kemkominfo di dunia Internasional. Menurutnya, predikat tersebut sekaligus menjadi bukti bahwa pemerintah dan masyarakat bisa bekerja sama dengan baik dalam menciptakan konten positif dan melawan hoax bersama untuk menyehatkan dunia siber Indonesia.

Seperti diketahui, pada Ajang WSIS Prizes kali ini ada sebanyak 700 karya dari berbagai Negara yang dilombakan yang masuk dalam 18 kategori. Karya- karya tersebut kemudian disaring ketat oleh Tim Expert dari ITU maupun melalui voting oleh masyarakat umum untuk kemudian dipilih sekitar 5 Karya / Prakarsa sebagai Champion untuk setiap kategorinya. Terhadap 5 Champion pada setiap kategori kemudian dinilai oleh Tim Expert ITU untuk ditetapkan 1 WINNER nya.

Berikut adalah karya Indonesia yang mendapatkan predikat WINNER dan CHAMPION dari ajang Forum Masyarakat Informasi Dunia 2018 yang berlangsung 19-23 Maret di Jenewa, Swiss: 1 (satu) Karya/Prakarsa sebagai WINNER pada Kategori 16 : Media dan 11 (sebelas) karya/Prakarsa Indonesia mendapatkan CHAMPION (2nd Best), yaitu :

1.            Knowledge Building toward Indonesian Digital Society – CFDS UGM, Kategori 1 : Promosi ICT untuk Pembangunan

2.            National Movement on Digital Literacy – SIBERKREASI, Kategori 1 : Promosi ICT untuk Pembangunan

3.            Broadband Internet Access with Focus on Affirmative Policy – BP3TI Kominfo, Kategori 2 : Infrastruktur TIK

4.            Pusat Pemberdayaan Informatika dan Pedesaaan – Relawan TIK Pemalang, Kategori 3 : Akses kepada Informasi dan Pengetahuan

5.            Relawan TIK Goes to School – Relawan TIK Bogor, Kategori 4 : Pengembangan SDM

6.            Internet CAKAP – APTIKA Kominfo, Kategori 4 : Pengembangan SDM

7.            Lacak Malaria – Malaria Center Halmahera Selatan, Kategori 10 : e-Health

8.            MedUp Healthcare Platform – MedUp Indonesia, Kategori 10 : e-Health

9.            Kerjabilitas Job Portal for Persons with Disabilities – Sarjana Indonesia, Kategori 12 : e-Pekerja

10.          Baktiku Negeriku – Serikat Pekerja Telkomsel, Kategori 13 : e-Agrikrultur

11.          Tambo: News Media – Tambo Indonesia, Kategori 16 : Media

 

Delegasi Indonesia yang menghadiri Forum Masyarakat Informasi Dunia 2018 tersebut terdiri dari beberapa delegasi dari Kementerian Kominfo yang selama ini menangani program tersebut, dari masyarakat terdapat perwakilan dari pemrakarsa siber kreasi dan Ketua Relawan TIK berserta timnya.

Menteri Kominfo Rudiantara secara khusus menugaskan delegasi muda yang  merekalah menjadi pendukung utama selama ini dari program-program Kementerian Kominfo yang mendapatkan WINNER dan Champion, dan juga delegasi muda untuk memberikan semangat semakin berkinerja dan berkreasi.

 

BIRO HUMAS

KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Berita Terkait

Siaran Pers No. 228/HM/KOMINFO/09/2018 Tentang Kominfo Buka Seleksi Calon Anggota Komite Regulasi Telekomunikasi pada Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (KRT-BRTI)

Selengkapnya

Siaran Pers No. 227/HM/KOMINFO/09/2018 Tentang Go Digital, Cara Baru Wariskan Nilai dan Keahlian Dalang

Upaya mewujudkan Indonesia menjadi “The Digital Energy of Asia” menjadi fokus Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tidak hanya dalam Selengkapnya

Siaran Pers No. 226/HM/KOMINFO/09/2018 Tentang Siapkan Lompatan Indonesia Jadi Negara Maju Melalui Ekonomi Digital

Pergeseran atau shifting dalam geliat perekonomian dunia mendorong Pemerintah Indonesia menerapkan berbagai terobosan untuk melakukan lompat Selengkapnya

Siaran Pers No. 225/HM/KOMINFO/09/2018 Tentang Petani Go Online, Kolaborasi Tingkatkan Kesejahteraan Petani Indonesia

Ditjen Aptika Kementerian Kominfo melakukan percepatan adopsi teknologi digital dalam sektor strategis. Bersama pengembang aplikasi pertania Selengkapnya