FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 04-2018

    1770

    Peluncuran Digital ASEAN, Menkominfo Ajak Kolaborasi Negara ASEAN

    Kategori Berita Kominfo | vera002

    Singapura, Kominfo – Ekonomi digital di regional ASEAN diharapkan mampu terus tumbuh dan berkembang. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa sudah saatnya negara-negara ASEAN bersatu dalam mengembangkan ekonomi digital. "Salah satu pendiri ASEAN, Adam Malik menyatakan bahwa dengan berdirinya ASEAN negara-negara anggotanya harus bisa saling memberikan dan berbagi manfaat satu sama lain." jelasnya pada Digital ASEAN Workshop-World Economic Forum di Singapura, Kamis (26/04/2018).

    Workshop ini merupakan kick-off pertemuan official pertama dari para Board of Governors yang tergabung dalam Digital ASEAN Project yang dibentuk pada Annual Meeting WEF di Davos, Swiss bulan Januari 2018. Menteri Kominfo yang juga menjadi salah satu dari empat menteri ASEAN yang menjadi Board of Advisor Digital ASEAN. Dalam workshop ini dibahas berbagai topik seperti cyber security, cross-border data flows, enabling e-commerce and e-payments, digital access, dan digital human resources.

    Menteri Rudiantara secara khusus memberikan pandangannya dalam diskusi tentang "Enabling e-commerce and e-payments”. Menurutnya saat ini sudah ada 7 Unicorn di ASEAN, 4 diantaranya dari Indonesia. "Jadi kita harus manfaatkan bersama untuk peningkatan ekonomi negara-negara ASEAN," ungkapnya.

    Pada kesempatan yang sama Managing Director Google Asia Pacific & India, Rajan Anandan mengatakan bahwa jika bicara mengenai ASEAN, kita tidak lagi bicara mengenai bagaimana melahirkan unicorn, tapi kita harus bicara bagaimana melahirkan Decacorn yaitu perusahaan yang memiliki nilai valuasi lebih dari USD 10 Miliar.

    Penyelenggarakan High Profile World Thought Leaders Workshop ditujukan untuk mengidentifikasi rintangan utama untuk pengembangan ekonomi digital regional ASEAN. Selain itu juga akan mencoba menemukan dan memanfatkan cara kerja forum di tingkat global dan di wilayah lain agar dapat membantu mengatasi masalah ini. Hasil akhirnya juga menyepakati inisiatif utama untuk mengatasi hambatan yang telah diidentifikasi, dan menyusun rencana aksi ke depan. (*VE)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Kunjungan Kerja di Barcelona Berakhir, Menkominfo Kembali ke Tanah Air

    Menkominfo telah menyelesaikan beberapa agenda utama, di antaranya pertemuan dengan Sekretaris Jenderal International Telecommunication Unio Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Mobile World Congress 2024

    Selengkapnya

    Lantik PNS Formasi PKN STAN, Kominfo Targetkan Jadi Pelopor Birokrasi yang Sehat

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo Imam Suwandi mendorong PNS Formasi PKN STAN yang baru dilantik menggali potensi diri dan menjadi pelop Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA