FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
07 05-2018

974

1st NextICorn International Summit, Pertama Kali Empat CEO Unicorn Indonesia dalam Satu Panggung

SIARAN PERS NO. 104/HM/KOMINFO/05/2018
Kategori Siaran Pers

SIARAN PERS NO. 104/HM/KOMINFO/05/2018
Tanggal 06 Mei 2018
tentang

1st NextICorn International Summit

Pertama Kali Empat CEO Unicorn Indonesia dalam Satu Panggung

 

Untuk pertama kalinya, pimpinan empat unicorn Indonesia akan berada dalam satu panggung mendorong kelahiran unicorn baru di Indonesia. Keempat CEO Unicorn Indonesia dipastikan hadir dalam The 1st NextICorn International Summit pekan depan, yaitu Nadiem Makarim, CEO&Founder Go-Jek; Ferry Unardi, CEO & Co-Founder Traveloka; William Tanuwijaya, CEO & Co-Founder Tokopedia; dan Achmad Zaky, CEO & Founder Bukalapak. Mereka akan hadir merepresentasikan para start-up lokal di ajang internasional yang berlangsung pada tanggal 09 s.d.  10 Mei di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali.

“Teman-teman (CEO) Unicorn kita hadir di sini adalah fungsi yang sangat heroik, untuk memperkenalkan Indonesia kepada VCs (pemodal ventura, red.) tersebut. Bagaimana potensi untuk menjadi unicorn di Indonesia sangat besar. Mereka datang untuk mempromosikan di belakangnya adalah saudara-saudara mereka dari Indonesia, ada sekitar 70 start-ups dari Indonesia,” jelas Lis Sutjiati, Deputy to the Chairman of NextICorn Board, Strategy Formulation & Coordination.

Keempat pimpinan Unicorn tersebut turut dijadwalkan akan mengisi sharing session dalam “Lane of Fame of Indonesian Unicorns”. Mereka akan memaparkan tantangan awal yang sering dihadapi serta peluang mencari dukungan dan mengembangkan partnership dalam lanskap digital Indonesia.

Menurut Juru Bicara NextICorn Daniel Tumiwa, keempat Unicorn Indonesia tersebut berkomitmen untuk hadir dalam ajang pertunjukan yang akan menampilkan potensi digital Indonesia ini. "Para Top Level dari 4 Unicorn Indonesia telah sampaikan komitmennya akan datang ke kegiatan tersebut. Kalangan investor dan pengembang global sangat ingin melihat potensi Indonesia. Mereka tidak hanya sampaikan pencerahan lewat berbagi pengetahuan, namun lebih jauh ingin menyaksikan bidang-bidang area digital yang akan berpotensi maju dan diserap oleh pengguna di Indonesia", tegasnya.

Tak hanya tokoh nasional, ada pula pembicara dari ASEAN E-Sports Pioneer Nick Nash dan entrepreneur asal Brasil Eduardo Saverin yang merupakan salah satu pendiri Facebook.

“Ini pertama di dunia, ada negara punya program khusus untuk kolaborasi semua ekosistem dunia untuk ketemu VCs dunia. Memang masih panjang jalannya, tapi kalau udah ketemu, akan ada proses dan likely to happen. Ini pemerintah sebagai proses akselerasi agar investor-investor dunia yang bisa menelurkan Unicorn, ketemu dengan start-up Indonesia,” jelas Lis Sutjiati.

The 1st Next Indonesian Unicorns International Summit dengan tema “Voyage to Indonesia as Digital Paradise” menjadi ajang mempertemukan start-up Indonesia yang berpotensi besar menjadi unicorn dengan investor-investor global, di antaranya Amerika Serikat, Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, Singapura, dan Australia.

Start-up ini sendiri sudah dikurasi, boleh kita bilang most potential, most promisisng start-up. Kita tidak bisa bilang sudah pasti jadi unicorn, tapi mereka adalah the most promising dengan segala kriterianya untuk menjadi calon unicorn ke depan. Ini yang akan kita bawa atau kita tampilkan, hidden germ dari Indonesia sebagai digital paradise,” jelas Lis.

Menurut Koordinator Event NextICorn, Ridzki Syahputera, penyelenggaraan event kali ini bukan sekadar acara teknologi biasa.

“Ini sangat unik, karena the purpose of the agenda sangat sharp, sangat straightforward. Kita mencari investasi dari luar negeri untuk investasi ke dalam start-up Indonesia. Itu saja, very simple. Semua orang yang akan datang ke event ini tahu itu,” jelasnya.

Bahkan secara khusus, ditargetkan Program NextICorn bisa menjadi platform yang bisa diakses oleh calon investor. “Kita harapkan di akhirnya kita bisa bikin platform, bukan cuma untuk event itu tapi juga setelah event ini investornya bisa koordinasi dengan kami untuk ketemu dengan siapa saja yang di Indonesia, sebagai red carpet access di sini ataupun di luar negeri,” katanya.

Noor Iza
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-3504024

Berita Terkait

Siaran Pers No. 314/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Kolaborasi Ekosistem Digital Untuk Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro di Daerah 3T

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian Keuangan dan lima lembaga meluncurkan Digitalisasi Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Selengkapnya

Siaran Pers No. 313/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Penanganan Pengaduan Penyalahgunaan Jasa Telekomunikasi

Selengkapnya

Siaran Pers No. 312/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Lima Isu Hoaks Viral Bulan November 2018

Berdasarkan hasil analisa Tim Anti Hoaks, Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo, selama bulan November 2018 setidaknya terdapat 5 isu yang Selengkapnya

Siaran Pers No. 311/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Tiga Upaya Strategis Pemerintah Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital

Pemerintah Indonesia menyiapkan berbagai upaya strategis untuk mendorong pemanfaatan serta perkembangan teknologi digital di Tanah Air agar Selengkapnya