FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
07 05-2018

32

Bahas Soal Cambridge Analytica, Bos Facebook Temui Menkominfo Hari Ini

Kategori Sorotan Media | Diani Hutabarat

Facebook memenuhi janji mendatangkan salah satu eksekutifnya untuk bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, khusus membahas skandal penyalahgunaan data 1 juta pengguna di Indonesia oleh Cambridge Analytica.

Belum diketahui secara pasti soal nama dan jabatan petinggi Facebook yang bakal menghadap Rudiantara kali ini. Yang jelas pertemuan ini digelar pada Senin, 7 Mei 2018, jam 13.00 di Kantor Kemkominfo, Jakarta, kata Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo.

Dalam kesempatan ini petinggi Facebook akan menyampaikan secara langsung soal masalah penyalahgunaan data pengguna kepada Rudiantara, karena selama ini komunikasi yang terjadi hanya lewat surat elektronik.

"Selama ini 'kan lewat surat, nah ini akan dijelaskan secara langsung. Bukan hasil audit di Inggris," kata Semmy saat ditemui pekan lalu.

Sampai saat ini Facebook belum memberika hasil audit kepada pemerintah maupun wakil rakyat Indonesia yang sebelumnya telah meminta. Padahal, sejak April lalu Kemenkominfo meminta hasil audit tersebut, setidaknya hasil audit terkait pengguna di Indonesia.

Facebook memberi alasan kepada Kemkominfo, mereka belum bisa memberikan hasil audit karena masih ada proses investigasi yang terjadi di Inggris. Hal ini disebut menyangkut aturan otoritas negara masing-masing, meski kasus tersebut melibatkan warga negara Indonesia dan negara lain.

Baca Juga :

"Mereka juga masih menunggu hasil audit yang dilakukan oleh Inggris karena kejadiannya di sana. Amerika Serikat pun tidak bisa (meminta hasil audit). Jadi begini, dalam kriminologi itu ada namanya yurisdiksi, jadi kejadian di suatu tempat itu ada garis polisi maka tidak bisa polisi lain masuk meski ada warga negara mereka terlibat di sana," jelas Semmy.

Komisi I DPR Ri juga meminta Facebook untuk memberikan hasil audit penyalahgunaan data dan daftar aplikasi pengumpul data dalam waktu satu bulan sejak 17 April lalu. Permintaan itu diputuskan dalam rapat dengar pendapat antara Komisi I DPR dengan perwakilan Facebook.

Siang ini, kumparan (kumparan.com) bakal melaporkan langsung hasil pertemuan Menkominfo Rudiantara dengan petinggi Facebook. Nantikan berita terkininya di kumparanTECH atau bisa ikuti topik Skandal Cambridge Analytica.

 

sumber berita :  kumparan.com

Berita Terkait

Cambridge Analytica Tutup, Bagaimana Nasib Data Pengguna Facebook?

Cambridge Analytica memutuskan menutup usahanya menyusul skandal penyalahgunaan data puluhan juta pengguna Facebook. Setelah perusahaan ditu Selengkapnya

Soal Nasib Facebook, Kominfo Tunggu Hasil Audit di Inggris

irjen Sumber Daya dan Perangkat Pos Informatika (SDPPI) Semuel Abrijani Pangerapan menegaskan pihaknya terus memantau perkembangan hasil aud Selengkapnya

3 Cara Lepas dari Facebook ala Menkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menyatakan, terdapat dua masalah besar yang menimpa Facebook saat ini. Pertama, skandal peny Selengkapnya

Dapat SP ke-2, Begini Surat Balasan Facebook untuk Pemerintah Indonesia

Pemerintah Indonesia mengklaim telah menerima surat jawaban dari Facebook tentang klarifikasi layanan over the top (OTT) asing tersebut terh Selengkapnya