FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 08-2018

    903

    Kesiapan Layanan 4G Operator Seluler Jelang Asian Games 2018

    Kategori Sorotan Media | daon001
    Menko PMK, Puan Maharani (tengah jaket hitam) bersama sejumlah atlet, pelatih dan official menari lagu tema Asian Games 2018 usai upacara pengukuhan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (5/8). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

     

    Jakarta - Untuk mempermudah proses telekomunikasi dan memberikan impresi baik tentang Indonesia kepada para peserta Asian Games 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus berusaha meyakinkan masyarakat tentang jaminan akses telekomunikasi, terutama internet.

    Dari sisi jaringan infrastruktur seluler, sejumlah operator, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia, dan Smartfren Telecom telah menyiapkan jaringan 4G.

    Kelima operator seluler tersebut mengklaim memiliki jaringan 4G paling mumpuni. Untuk menerawang kesiapan para operator pun sangat mudah.

    Umumnya, jaringan operator diuji keandalannya saat puncak trafik di bulan Ramadan dan Lebaran.

    Dari catatan para operator seluler, semuanya mengalami lonjakan trafik data pada masa mudik Lebaran. Dalam keterangan resmi yang Tekno Liputan6.com terima, trafik data XL pada Lebaran tahun ini naik 30 persen dibanding hari biasa dan naik 95 persen dibanding Lebaran tahun lalu.

    Trafik data tertinggi selama periode 10 hari didominasi antara lain oleh trafik data streaming, mencakup video dan musik sebesar 47 persen. Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16 persen, layanan pesan singkat 13 persen, dan media sosial 12 persen.

    Sementara Telkomsel mencatat kenaikan 12,89 Petabyte atau meningkat 22,3 persen pada H-1 Idul Fitri jika dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari biasa. Jumlah itu meningkat 109 persen dibanding Lebaran tahun lalu.

    Sumber Berita : www.liputan6.com (06/08/18)

     

     

    Berita Terkait

    5 Proposisi Indonesia soal Keamanan Data di Pertemuan G20

    Pemerintah Indonesia menyerukan kedaulatan dan keamanan data dalam pertemuan puncak dari rangkaian pertemuan G20 Digital Economy Ministerial Selengkapnya

    Kominfo Gandeng Operator Seluler Bangun Jaringan 4G di Wilayah 3T

    Demi meningkatkan pelayanan komunikasi dan pengunaan internet di kawasan desa tertinggal, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) m Selengkapnya

    Menkominfo Minta Operator Seluler Atasi Jaringan yang Terganggu Saat Banjir

    Liputan6.com, Jakarta - Layanan telekomunikasi kembali terganggu saat banjir melanda, pada Kamis (2/1/2020), karena back up power untuk BTS Selengkapnya

    Kemenkominfo Pantau Jaringan Operator Seluler Saat Natal Dan Tahun Baru

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah berkoordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan di t Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA