FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
12 08-2018

492

Hasil Seleksi Nasional Id Up 2018 Wakili Indonesia dalam ASEAN ICT Awards 2018

SIARAN PERS NO. 172/HM/KOMINFO/08/2018
Kategori Siaran Pers

Siaran Pers No. 172/HM/KOMINFO/08/2018

Tanggal 12 Agustus 2018

Tentang

Hasil Seleksi Nasional Id Up 2018 Wakili Indonesia dalam ASEAN ICT Awards 2018

 

Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengumumkan inisiatif produk dan karya teknologi informasi dan komunikasi nasional hasil Seleksi Nasional Indonesia Up 2018. Enam pemenang dan 12 finalis lainnya akan dipilih menjadi perwakilan Indonesia pada ajang ASEAN ICT Awards 2018. 

Menurut Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong minat peserta untuk mengembangkan aplikasi berskala internasional, yang pada akhirnya dapat mengambil peran sebagai agen pendorong pencapaian visi Indonesia menjadi ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara. 

"Dari total 320 peserta yang mendaftar pada 6 (enam) kategori yang dilombakan, terdapat 129 peserta yang dinilai oleh juri, dan terpilih 6 (enam) karya yang ditetapkan oleh Tim Juri Indonesia.UP 2018," kata Septriana Tangkary dalam Coaching dan Pemberian Penghargaan Pemenang IndonesiaUp (ID.UP) 2018 di Jakarta, Sabtu (11/08/2018).

Pemenang seleksi IdUP antara lain e-Voting Pemilihan Kepala Desa (Pemerintah Kab. Banyuasin) untuk Kategori Public Sector, Fisheries E-comerrce Aruna (Aruna Indonesia) untuk Kategori Private Sector, EduBraille (Edubraille Surabaya) untuk Kategori Corporate Social Responsibility, November-10 Battle of Surabaya (Universitas Amikom Yogyakarta) untuk Kategori Digital Content, Aplikasi Jual Sampah Kepul (Kepul Medan) untuk Kategori Startup Company, dan Semantic (Pt. Global Data Inspirasi Yogyakarta) untuk Kategori Research and Development. 


Menurut Septriana Tangkary, pelaksanaan Seleksi Nasional Indonesia Up 2018 berlangsung sejak tanggal 24 Mei 2018 sd 16 Juli 2018. "Indonesia UP disosialisasikan ke beberapa kota dan mendapatkan 320 pendaftar pada 6 kategori," katanya. 

Enam kategori antara lain Public Sector, Private Sector, Corporate and Social Resposibility, Digital Content, Startup Company, dan Research and Development.  Proses pendaftaran dan informasinya dapat diakses melalui laman https://idup.hub.id.

Lampiran lengkap data pemenang seleksi IdUP 2018

"Indonesia selaku tuan rumah penyelenggaraan ASEAN ICT Awards 2018 akan memaksimalkan ajang ini untuk memunculkan dan mempromosikan para pelaku industri TIK dan juga produk layanan TIK pemerintah maupun swasta sehingga menimbulkan trend positif terhadap Indonesia," ungkap Direktur Pemberdayaan Informatika. 

Program IndonesiaUp (ID.UP)2018 merupakan wadah kompetisi untuk mencari/menyaring produk dan inisiatif yang memiliki solusi kreatif dan mandiri di bidang teknologi informasi dan komunikasi.  Penyelenggaraan Seleksi Nasional Indonesia Up 2018 didukung penuh oleh Forum Teknologi Informasi Indonesia (FTII) dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Dalam kompetisi Indonesia Up terlibat pula akademisi, komunitas dan sektor swasta. 

Kegiatan ini merupakan upaya Kementerian Kominfo untuk mempersiapkan wakil Indonesia yang akan berkompetisi dalam ajang ASEAN ICT Awards (AICTA) 2018 yang diselenggarakan di Indonesia pada bulan Desember 2018.  "Indonesia membutuhkan lebih banyak karya TIK berkualitas dalam ajang program prestisius yang digagas menteri  telekomunikasi negara-negara anggota ASEAN tersebut," tambah Septriana.  

Tak hanya itu, Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika dengan berbagai insiatif digitalisasi yang mendukung sektor-sektor strategis akan mengidentifikasi produk dan layanan TIK yang sudah siap untuk didorong implementasinya ke skala lebih besar. 

"Hari ini kita akan masuk ke tahap Coaching, pembinaan dan pengembangan terhadap karya yang sudah terpilih untuk menjadi wakil dalam ajang ASEAN ICT Award (AICTA) 2018," jelas Direktur Pemberdayaan Informatika.

 

Noor Iza
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-350402
Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo

 

Berita Terkait

Siaran Pers No. 314/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Kolaborasi Ekosistem Digital Untuk Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro di Daerah 3T

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian Keuangan dan lima lembaga meluncurkan Digitalisasi Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Selengkapnya

Siaran Pers No. 313/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Penanganan Pengaduan Penyalahgunaan Jasa Telekomunikasi

Selengkapnya

Siaran Pers No. 312/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Lima Isu Hoaks Viral Bulan November 2018

Berdasarkan hasil analisa Tim Anti Hoaks, Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo, selama bulan November 2018 setidaknya terdapat 5 isu yang Selengkapnya

Siaran Pers No. 311/HM/KOMINFO/12/2018 Tentang Tiga Upaya Strategis Pemerintah Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital

Pemerintah Indonesia menyiapkan berbagai upaya strategis untuk mendorong pemanfaatan serta perkembangan teknologi digital di Tanah Air agar Selengkapnya