FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 08-2018

    1242

    Menguji Kecepatan Internet di Pembukaan Asian Games 2018

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjanjikan akses internet cepat saat pembukaan Asian Games 2018. Bagaimana hasilnya?

    detikINET berkesempatan datang ke pembukaan pesta olahraga bangsa-bangsa Asia yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta pada Sabtu malam (18/8). Kami pun melakukan pengujian akses internet sebelum dan sesudah perhelatan.

    Adapun koneksi yang digunakan jaringan 4G milik Telkomsel adalah Official Mobile Partner dan AG2018@wifistation yang dihadirkan Telkom. Dalam pengujian ini, aplikasi yang digunakan adalah Speedtest, Instagram dan WhatsApp.

    Saat tiba di area GBK, kami langsung mengecek kecepatan 4G Telkomsel. Kecepatan download yang ditorehkan 28,6 Mbps. Sedangkan kecepatan upload 11 Mbps.

    Ketika masuk ke area stadion GBK, detikINET mendapat jaringan 4G+. Kecepatan download ketika ditest mencapai 11,8 Mbps, sementara upload 2,04 Mbps.

    Dua jam sebelum acara, mencoba untuk beralih ke koneksi WiFi seperti disarankan Kominfo. Sayangnya, akses AG2018@wifistation belum tersedia. Baru pada pada pukul 17.30 WIB, fasilitas internet gratis tersedia.

    Sesuai janji, saat akan terkoneksi jaringan ini, kita tidak memerlukan email dan lain-lain. Pengguna hanya diminta menekan tombol Connect pada pop-up browser yang muncul.

    Kami pun langsung melakukan pengujian kecepatan aksesnya. Hasilnya, untuk download tembus 13 Mbps, sedangkan upload 11,8 Mbps.

    Pengujian sesungguhnya adalah ketika acara pembukaan berlangsung. Setidaknya, tiga kali pengujian detikINET lakukan.

    Pertama, tepat jam 19.00 WIB. Dengan banyaknya perangkat yang terkoneksi dengan akses WiFi ini, kecepatan download yang ditorehkan 4,48 Mbps, sementara kecepatan upload 18 Mbps. Upload video di Instagram Stories lancar.

    Pengujian kedua saat momen penyanyi Raisa naik panggung. Kecepatan download tembus 5 Mbps, sedangkan upload tembus 4,4 Mbps.

    Terakhir adalah saat Susi Susanti menyalakan api Asian Games 2018 di gunung buatan. Kecepatan download 4,98 Mbps, sementara upload tembus 9,28 Mbps. Upload video di Instagram Stories dan menerima kiriman video di WhatsApo tidak begitu terkendala.

    Kami sempat mengetes kecepatan 4G Telkomsel saat berlangsungnya acara. Lantaran puluhan ribu orang berada di GBK, kecepatannya memang menurun dari sebelumnya. Pun begitu, menerima pesan teks di WhatsApp masih bisa dilakukan.

    Sesuai janji Kominfo, akses internet saat pembukaan Asian Games 2018 cukup lancar. Meski tidak super cepat, setidaknya eksis di media sosial tidak terkendala sehingga gaung kemeriahan pembukaan Asian Games 2018 kian menggema.

    Semoga kualitas jaringan ini dapat bertahan hingga penutupan Asian Games nanti. Syukur-syukur bisa ditingkatkan lagi. (rns/rns)

    Sumber berita: www.detik.com (19/08/2018)

    Berita Terkait

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Kemenkominfo Pastikan Akses Internet Lancar di Posko Pengungsian Erupsi Gunung Api Ile Lewotolok

    Kemenkominfo melalui Badan Layanan Umum (BLU) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) mengirimkan bantuan pemasangan jaring Selengkapnya

    Pemerintah Akselerasi Akses Internet di Puskesmas dan Rumah Sakit

    Pemerintah berkomitmen mengakselerasi akses internet di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di seluruh wilayah Indonesia, yakni di puske Selengkapnya

    Pemerintah Akselerasi Penyediaan Internet di Fasyankes

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan, pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses int Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA