FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 08-2018

    895

    Menkominfo: 2019, Internet Jakarta Harus 11-12 dengan Singapura

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta -- Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara mencanangkan tahun depan Jakarta akan memiliki kecepatan internet yang hamper setara dengan Singapura.

    Hal itu diungkapkan Rudiantara, dalam acara uji coba jaringan 5G oleh operator XL Axiata di kawasan Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat, Senin (20/8/2018).

    "Kita canangkan dulu bersama teman-teman (Pemprov) DKI bahwa tahun 2019, harusnya Jakarta dengan Singapur 11-12 alias beti (atau) beda tipis. Saya yakin karena kita masih punya waktu 1 tahun lagi ke depan," kata Rudiantara, Senin.

    Untuk bisa mencapai rencana tersebut, ia berharap kerja sama semua pihak, mulai dari operator, pemerintah pusat, hingga pemerintah daerah yang menjadi fasilitator.

    Ia bertekad, dimulai dari Jakarta, Indonesia nantinya bisa merebut posisi ke-2 dari segi perkembangan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Asia.

    Sebab, saat ini, Indonesia berada di urutan ke-4 setelah Singapura, Malaysia, dan Thailand.

    "Kalau enggak ada yang memfasilitator, kita akan tetap posisi 4. Setidaknya, kita bisa dapat posisi nomor 2, kita enggak bisa compete dengan Singapura. Tantangannya beda," kata dia.

    Rudiantara menyebut, pemerintah secara bertahap membangun palapa ring (proyek pembangunan serat optik) di beberapa wilayah.

    Proyek itu disebut telah dilakukan di wilayah Indonesia bagian barat, yakni di Natuna dan Anambas pada Maret lalu.

    Rencananya, akan merambah Indonesia bagian tengah tepatnya di Talaud dan Morotai pada September mendatang, dan bagian timur Indonesia di Papua dan Nusa Tenggara Timur pada Desember 2018.

    "2019 tidak ada satu kabupaten atau kotamadya di Indonesia tidak ada yang tidak terhubung broadband atau internet supercepat," kata dia.

    Gelaran Asian Games kurang 20 hari lagi sejumlah fasilitas penunjang terus dikebut pemerintah.

     

    Sumber Berita: www.kompas.com (20/08/18)

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA