FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 09-2018

    893

    Kominfo Komentari Rencana Kemenhub Buat Aplikasi Serupa Gojek

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) baru-baru ini mewacanakan akan membuat aplikasi ride-hailing seperti Gojek dan Grab. Menanggapi hal ini Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan Kemkominfo sebagai kementerian yang membidangi urusan teknologi informatika dan komunikasi tidak bergabung dengan Kemenhub untuk menggarap wacana tersebut.

    Pasalnya Kemkominfo berperan sebagai regulator, bukan sebagai aplikator. Rudiantara mengatakan Kemkominfo adalah kementerian yang berfungsi untuk menelurkan kebijakan. Berbeda dengan kondisi pemerintah yang dulu masih merangkap juga sebagai operator.

    "Kemkominfo tidak ikut untuk urusan itu (aplikasi), karena Kemkominfo itu tidak buat aplikasi. Kita mengurusi kebijakan sebagai regulator bukan aplikator," kata Rudiantara di kantor Kemkominfo, Jakarta Pusat, Senin (17/9).

    Rudiantara mengakui memang memungkinkan untuk membuat aplikasi serupa dengan Gojek dan Grab. Belum lagi mengingat jumlah pasar Indonesia yang memang menggiurkan di era digital ini. Bahkan Rudiantara mengatakan untuk membuat startup, sesungguhnya tidak memerlukan izin dari Kemkominfo.

    "Startup yang bikin aplikasi tidak mesti minta izin ke Kemkominfo. Cuma registrasi biasa sudah jalan," tutur Rudiantara.

    Rudiantara menyebut berdasarkan hasil World Economic Forum ASEAN di Hanoi, Vietnam terungkap pemerintah tidak hanya sebagai regulator, tapi juga sebagai akselerator dan fasilitator pembangunan digital. "Kemarin sat saya di Hanoi, saya jadi panelis di bidang startup, ini bukti Indonesia diakui menjadi pembuka pemikiran industri startup di negara Asean. Jadi sekarang pemerintah tidak hanya sebagai regulator, tetapi jadi fasilitator kemudian jadi akselerator," kata Rudiantara.

    Sumber Berita: www.cnnindonesia.com (17-9-2018)

    Berita Terkait

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Kominfo Uji Coba Penyampaian Informasi Kebencanaan Lewat SMS Blast

    Direktorat Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mi Selengkapnya

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA