FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 08-2018

    1812

    68 Orang Duta Suporter Indonesia Terpilih

    Kategori Artikel | mth

    Akhirnya terpilih 68 orang dari 34 provinsi sebagai Duta Suporter Indonesia. Para duta terpilih ini mendapat  hadiah undangan hadir pada acara Pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, 18 Agustus 2018.

    Kegiatan  ini dihelat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkoninfo) dengan tajuk "Campaign Duta Suporter Indonesia." Perhelatan ini bertujuan untuk mensukseskan dan memeriahkan pesta olahraga Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang. Kegiatan ini diselenggarakan sejak tanggal 7 Juli 2018 dan berakhir pada 7 Agustus 2018.  

    Adapun 68 orang Duta Suporter Indonesia yang mendapat hadiah hadir di GBK dalam acara pembukaan Asian Games 2018 tersebut terpilih setelah mereka berhasil mengalahkan 4.468 orang yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Masing-masing provinsi meloloskan satu pasang Duta Suporter Indonesia pria dan wanita.

    Mereka dipilih lewat voting berbasis aplikasi Android oleh lebih dari 240.000 voter. Facebook dan Instagram menjadi pilihan utama para peserta lomba untuk mempromosikan diri. Facebook dan Instagram pula yang menjadi pilihan paling favorit yang digunakan para voter untuk menentukan pilihan para calon duta.

    Dari data yang masuk, terlihat total reach untuk Facebook sebanyak 31.927.904 sedangkan total impression-nya sebesar 79.038.549. Sedangkan untuk Instagram data yang terpapar ; total reach sebanyak 21.072.644 sementara total impression-nya sebesar 41.386.736.

    Facebook juga terbukti paling banyak digunakan oleh para duta suporter dan voter asal provinsi Jawa Barat dengan total reach 7.968.291 mengalahkan Jawa Timur dan Jawa Tengah di posisi dua dan tiga. Sedangkan untuk instagram, ternyata paling favorit digunakan oleh para duta suporter dan paara voter asali Daerah Khusus Ibukota Jakarta denga total reach 7.256.049. Menyusul di posisi kedua adalah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Bali.

    Untuk mensukseskan dan memeriahkan Asian Games 2018, Kemkominfo memang melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat luas. Cummunication Activity ini dikemas dalam 10 acara dan kegiatan.  "Campaign Duta Suporter Indonesia" merupakan salah satu dari 10  kegiatan tersebut.

    Selain acara "Duta Suporter Indonesia" Kemkominfo juga menggelar berbagai acara untuk menyemarakkan Asian Games 2018 dalam bentuk "Media Luar Ruang" dengan jenis kegiatan seperti; Placement PSA berupa advertising di TV pemerintah dan swasta, bioskop, dan radio. Juga menyelengarakan kampanye dengan media luar ruang dalam bentuk melakukan branding pada body bus Damri bandara.

    Kemkominfo juga menggelar acara Pesta Rakyat dengan tema "Semangat Sang Juara" yang digelar di 15 kota. Selain itu ada pula Lomba Hias Gapura dengan total hadiah Rp 53.500.000. Writington berupa lomba menulis khusus untuk pelajar dan mahasiswa serta lomba membuat blogger yang terbuka untuk umum.(*)

    Berita Terkait

    Daya Saing Digital Indonesia

    Indonesia meraih posisi ke-45 dunia pada peringkat daya saing digital. Sebuah bukti keberhasilan dan pengakuan dunia atas percepatan transfo Selengkapnya

    Ekonomi Digital Indonesia Tetap ‘Ngacir’

    E-commerce Indonesia memberikan kontribusi senilai USD59 miliar pada tahun ini dan membesar menjadi USD95 miliar pada 2025. Selengkapnya

    Ajang G20 Dorong Percepatan Transformasi Digital di Indonesia

    Presidensi G20 Indonesia berpotensi memperkuat kerja sama antara pemangku kepentingan dari berbagai negara. Selengkapnya

    Mengakses Situs Indonesia Kini, Menggenggam Informasi

    Kehadiran situs Indonesia Kini diharapkan dapat menyatukan berbagai kanal komunikasi publik dalam satu wadah. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA