FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 10-2018

    751

    Kemenkominfo Pulihkan Telekomunikasi Pascagempa

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu mengatakan pihaknya memantau lokasi pascagempa dan mendapati jaringan telekomunikasi di Donggala dan sekitarnya tidak dapat beroperasi karena pasokan listrik dari PT PLN terputus.

    Hasil pemantauan yang dilakukan DirPemulihan layanan telekomunikasi meulai dilakukan pascagempa 7,7 SR dan tsunami yang terjadi di Donggala dan Kota Palu pada Jumat (28/9).ektorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, hingga pukul 18.00, terdapat 276 "base station" yang tidak bisa digunakan.

    Ia menjelaskan operator telekomunikasi tengah berupaya memulihkan pasokan listrik dengan menggunakan "Mobile Backup Power (MBP)" dan menunggu pulihnya jaringan listrik dari PLN.

    Ia mengatakan bahwa Menteri Kominfo Rudiantara juga telah menugaskan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) untuk mengirimkan 30 telepon satelit guna mendukung koordinasi penanganan bencana di Donggala dan sekitarnya.

    Sebelumnya, Kementerian Kominfo dan Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengirimkan informasi gempa bumi melalui SMS ke pengguna ponsel di daerah Donggala dan sekitarnya pada Jumat (28/9) sejak pukul 14.09 WIB.

    SMS blast dikirimkan sebanyak tujuh kali. Adapun SMS peringatan dini tsunami telah dikirimkan pada pukul 17.02 WIB.

    Sebelumnya, BMKG menyebutkan gempa berkekuatan 7,7 SR yang memicu tsunami setinggi 1,5 meter di Donggala terjadi karena pergeseran patahan atau sesar Palu-Koro. Gempa besar itu telah didahului oleh gempa 5,9 SR yang terjadi pada pukul 14.00 WIB.

    Sumber berita : www.suaramerdeka.com (29/09/2018)

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Cara Kominfo Dukung Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia usai terhantam pandemi covid-19. Salah sa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA