FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 10-2018

    1087

    Hari Batik Nasional, Menkominfo Akan Resmikan Kampung Batik Mandiang Siberkreasi di Dusun Kepek

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Hari Batik Nasional, Menkominfo Akan Resmikan Kampung Batik Mandiang Siberkreasi di Dusun Kepek 

    Untuk memeriahkan Hari Batik Nasional, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara pun akan meresmikan Dusun Kepek sebagai Kampung Batik yang ada di Kabupaten Gunungkidul. 

    Rencananya, peresmian itu akan dilakukan bertepatan dengan Hari Batik Nasional. 

    Dusun Kepek I, Desa Kepek Kecamatan Wonosari ini memiliki Kampung Batik yang diberi nama Kampung Batik Manding Siberkreasi. 

    Peresmian yang bertepatan dengan Hari Batik sengaja dilakukan sebagai momentum untuk gerakan melestarikan warisan batik produk budaya nusantara. 

    Hal ini dikemukakan oleh Guntur Susilo selaku Ketua Kampung Batik Manding Siberkreasi. 

    Guntur memberikan apresiasi pada Kominfo yang turut meramaikan peresmian tersebut. 

    Selain itu Guntur mengatakan dukungan Pemerintah RI merupakan wujud nyata pemerintah pusat mendorong maju dan berkembangnya komunitas kelompok industri kecil batik tidak hanya pelestarian budaya. 

    Melainkan juga untuk mendorong tumbuhnya gerakan pemberdayaan masyarakat dan juga peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat desa. 

    "Pelestarian batik budaya nusantara, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan ekonomi adalah ketiga hal yang harus berjalan seiring sejalan. Tidak saling meninggalkan. Satu ikatan yang tidak boleh lepas," kata Guntur. 

    Menurut Guntur, proses periapan kampung batik di Dusun Kepek ini memerlukan persiapan dasar selama lima tahun. 

    Saat ini, Guntur mengatakan sudah add 8 kelompok binaan serta 7 motif kreasi khas Kampung Batik Mandiang Siberkreasi. 

    "Kami juga memperkenalkan produk batik ini ke tingkat dunia dengan hadirnya Unesco di kampung kami setelah diresmikan Pak Menteri," imbuhnya. 

    Pengurus Kampung Batik 

    Manding Siberkreasi, FX Endro Tri Guntoro, menambahkan, karya kreatif kampung batik tidak cukup hanya dengan membangun kesadaran masyarakat akan melestarian warisan budaya nusantara. 

    Batik harus semakin dekat dengan identitas anak muda. 

    Produk batik terus berkembang dengan dunia fashion atau tata busana yang tengah disiapkan pasca peresmian nanti. 

    Dikatakan Endro, pelatihan tidak cukup hanya menyasar peningkatan ketrampilan dan jumlah kelompok perajin batik tulis dan batik cap bertambah. 

    Namun pelatihan pemasaran dengan cara modern menggunakan media teknologi internet dan melibatkan anak-anak muda di kampung batik akan lebih menyenangkan. 

    "Inilah pentingnya kementerian komunikasi dan informatika hadir di aktivitas produksi batik kami ini. Kami bersama pemerintah bekerja bersama melestarikan batik warisan budaya kita semua," ujar Endro. 

    Sementara pelaksanaan peresiman Kampung Batik Mandiang Siberkreasi ini akan diadakan pukul 18.30 di Jalan Bertaman Budi Kepek I. 

    Selain Menkominfo, rencanya Gubernur DIY akan turut hadir. 

    Acara ini juga akan dimeriahkan oleh musik keroncong Kidung Ednosia, drummer cilik Gunungkidul juara junior drum off singapure 2018 Bohe, Giwang Topo dan duta batik Indonesia Livy Lauren. 

    Sumber berita : www.tribunnews.com (01/10/2018)

     

     

    Berita Terkait

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Jelang Pilkada, Kominfo Minta Pemilih Gunakan Media Daring untuk Mengenal Calon Kepala Daerah

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Widodo Muktiyo mengatakan, jelang pemilih Selengkapnya

    Tips dari Kominfo untuk Melindungi Data Pribadi di Internet

    KOMPAS.com - Ada satu hikmah di balik pandemi Covid-19, yakni menciptakan masyarakat yang lebih "melek teknologi ". Sebab, sebagian besar da Selengkapnya

    Menkominfo sebut Qatar Ingin Realisasikan Kesepakatan di Bidang Telekomunikasi

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate baru saja bertemu dengan duta besar Qatar untuk Indonesia Fawziya Edrees Sal Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA